✔ Pedoman Kegiatan Pkp Berbasis Zonasi 2019 Dan Unit Pembelajaran Untuk Sd Dan Smp

Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi 2019 Dan Unit Pembelajaran Untuk SD dan SMP - Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, selanjutnya akan disingkat dengan Program PKP, merupakan jadwal yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui training guru dalam merencanakan, melaksanakan, hingga dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan bab dari jadwal Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 ihwal Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 ihwal Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.



Guru yakni pendidik profesional dengan kiprah utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi penerima didik. Guru profesional memegang peranan yang sangat penting dalam memilih prestasi penerima didik. Penelitian menunjukkan bahwa 30% prestasi penerima didik ditentukan oleh faktor guru. Dalam upaya menjaga keprofesionalannya, guru senantiasa harus meng-update diri dengan melaksanakan banyak sekali pengembangan keprofesian berkelanjutan. Selama ini jadwal pengembangan keprofesian berkelanjutan yang dikembangkan oleh Ditjen GTK didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, lebih memfokuskan pada peningkatan kompetensi guru terutama dalam kompetensi pedagogi dan profesional, adapun Program PKP Berbasis Zonasi ini lebih memfokuskan pada upaya memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Terkait dengan itulah, memintarkan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi, pedoman ini dikembangkan.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yakni pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan keprofesiannya. Pada Program PKB terdahulu yang dikembangkan oleh Ditjen GTK sebelumnya, yang didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional. Sedangkan Program PKP lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penyelenggaraan jadwal PKP Berbasis Zonasi didesain dengan grand desain menyerupai pada gambar berikut ini :

Grand Desain Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran

Tujuan Program PKP Berbasis Zonasi yakni meningkatkan kompetensi siswa melalui training guru dalam merencanakan, melaksanakan hingga dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).
Manfaat Program PKP Berbasis Zonasi yakni sebagai berikut:
  1. Membiasakan guru untuk menciptakan pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga penilaiannya;
  2. Membiasakan siswa untuk berpikir tingkat tinggi sehingga sanggup meningkatkan kompetensinya;
  3. Memberikan pola kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik;
  4. Memberikan pola kepada pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik dan manajerial.
Berikut kami bagikan Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi , Serta Unit Pembelajaran Untuk SD dan Sekolah Menengah Pertama Melalui Link dibawah ini :

- Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi ( Unduh Disini )
- Juknis Program PKP Berbasis Zonasi  ( Unduh Disini )
- Buku Pegangan Narasumber Nasional PKP  ( Unduh Disini )
-
Buku Pegangan Instruktur Nasional PKP  ( Unduh Disini )
- Buku Pegangan Guru Inti PKP  ( Unduh Disini )
- Materi Unit Pembelajaran PKP Jenjang SD ( Unduh Disini )
-
Materi Unit Pembelajaran PKP Jenjang SMP ( Unduh Disini )

Demikia Kami Sampaikan Tentang 
Pedoman Program PKP Berbasis Zonasi , Serta Unit Pembelajaran Untuk SD dan Sekolah Menengah Pertama , Semoga Bermanfaat .. Silahkan Share .

Belum ada Komentar untuk "✔ Pedoman Kegiatan Pkp Berbasis Zonasi 2019 Dan Unit Pembelajaran Untuk Sd Dan Smp"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel