✔ Bahan Workshop Perlombaan Inobel Guru Dikdas Nasional 2019

Pendidikan era 21 menuntut guru untuk menghasilkan generasi global yang mempunyai kemampuan berpikir kritis, mempunyai kreativitas tinggi, sanggup berkomunikasi secara efektif, dan bisa berkolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan penemuan dalam menuntaskan permasalahan kehidupan. Oleh alasannya ialah itu, guru perlu melaksanakan penemuan dalam memfasilitasi akseptor didik mempunyai kemampuan tersebut. Dukungan pemerintah dalam meningkatkan kreativitas dan penemuan guru diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel).


 menuntut guru untuk menghasilkan generasi global yang mempunyai kemampuan berpikir kritis ✔ Materi Workshop Perlombaan  Inobel Guru Dikdas Nasional 2019
MATERI WORKSHOP INOVASI PEMBELAJARAN 2019

Inobel merupakan ajang kompetisi penemuan pembelajaran bagi guru, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran. Suatu penemuan yang sanggup membantu memecahkan permasalahan pembelajaran dibutuhkan sanggup meningkatkan proses dan hasil berguru yang bermutu semoga akseptor didik sanggup menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan era 21. Melalui perlombaan ini, karya-karya penemuan pembelajaran yang terpilih sanggup dimanfaatkan sebagai referensi bagi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran. 

Adapun Manfaat dari aktivitas Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru ini  di antaranya:

  • meningkatkan jumlah karya penemuan pembelajaran guru SD & SMP, sehingga sanggup diadopsi, diadaptasi, dan diimplementasikan oleh guru lain;
  • mengembangkan budaya berguru kreatif dan inovatif sehingga sanggup meningkatkan kinerja guru SD & SMP;
  • meningkatkan karier guruSD & SMP pemenang lomba penemuan pembelajaran;
  • menginspirasi guru SD & SMP untuk berbagi pembelajaran inovatif sehingga berdampak terhadap peningkatan hasil berguru akseptor didik.

Dan Karya Inovasi Pembelajaran dinilai menurut aspek-aspek berikut.

  1. Asli: karya penemuan pembelajaran yang dilombakan merupakan hasil pemikiran/karya sendiri bukan plagiat.
  2. Spesifik: karya penemuan pembelajaran yang dilombakan mempunyai kekhususan yang menarik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.
  3. Unik: karya penemuan pembelajaran yang dilombakan mempunyai nilai-nilai kekhususan dan keistimewaan tersendiri.
  4. Inovatif: karya penemuan yang dilombakan mengandung unsur kebaruan.
  5. Sistematis: tata urut karya penemuan pembelajaran yang diusulkan sesuai dengan ketentuan pada pedoman.
  6. Aplikatif: karya penemuan pembelajaran yang dilombakan, gampang diterapkan, digunakan, dan dikembangkan oleh pengguna lain.
  7. Inspiratif: karya penemuan pembelajaran yang dilombakan bisa mengilhami pengguna untuk melaksanakan pembaruan dalam pembelajaran.
  8. Bermanfaat: karya penemuan pembelajaran yang dilombakan bermanfaat untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran dan memberi penguatan pendidikan karakter.

Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru Tingkat Nasional Tahun 2019 bersifat inovatif, orisinal, edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.

  1. Inovatif: pembaruan atau penemuan hal-hal gres yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya;
  2. Orisinal: merupakan karya sendiri, bukan hasil dari plagiat;
  3. Edukatif: menumbuhkan perilaku sportivitas, kebersamaan, dan saling menghargai keunggulan setiap karya yang dihasilkan;
  4. Kompetitif: membangun semangat dan daya saing antarguru secara sehat;
  5. Objektif: evaluasi didasarkan pada mekanisme dan kriteria yang terperinci tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;
  6. Transparan: sanggup diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka;
  7. Akuntabel: sanggup dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan;
  8. Efektif: pelaksanaan aktivitas sesuai dengan tujuan; dan
  9. Efisien: ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai dengan yang direncanakan.


Untuk Memperluas Pengetahuan dan memberi Gambaran kepada bapak ibu Guru untuk menciptakan Karya Inovasi Pembelajaran yang sesuai dengan Aspek dan Prinsip yang di jabarkan di atas Serta Memberi motivasi untuk mengikuti Kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran , Kami bantu bagikan Materi Workshop Inovasi Pembelajaran 2019  .
Silahkan Dapat diunduh pada link - link dibawah ini :

1. B1- KArya Tulis Ilmiah ( Unduh Disini )
2. B2- Teknik Penulisan Artikel Ilmiah ( Unduh Disini )
3. B3- Teknik Presentasi ( Unduh Disini )
4. B4- Display KArya Inobel ( Unduh Disini )


5. Bentuk Bentuk Inovasi Pembelajaran ( Unduh Disini )
6. Penelitian Pengembangan ( R & D ) ( Unduh Disini )
7. KTI Dalam Artikel Ilmiah ( Unduh Disini )
8. Bahasa Sebagai Sarana Komunikasi Ilmiah ( Unduh Disini )
9. Jenis Karya Inovatif Baru ( Unduh Disini )
10. Media Kartu Kata (Kalimat Efektif) ( Unduh Disini )
11. Teknik Presentasi Inobel ( Unduh Disini )
12. Teknik Pameran Display Inobel ( Unduh Disini )
13. HAKI Inobel ( Unduh Disini )
14. Plagiarisme dan Pencegahannya ( Unduh Disini )
15. KTI Untuk Inobel dan Artikel ( Unduh Disini )
16. Karya Tulis Ilmiah ( Unduh Disini )


Berikut Kami  juga Bagikan Contoh Naskah Inovasi Pembelajaran ( Inobel ) Para Juara

- Contoh Naskah 1 ( Unduh Disini)
- Contoh Naskah 2 ( Unduh Disini)
- Contoh Naskah 3 ( Unduh Disini)

Kami Akan Terus Memperbaharui Materi Workshop Inovasi Pembelajaran 2019 yang Kami Dapat, Semoga Bermanfaat Untuk Bapak Ibu .. Wassalam

Belum ada Komentar untuk "✔ Bahan Workshop Perlombaan Inobel Guru Dikdas Nasional 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel