✔ Pengertian Model, Metode, Strategi, Pendekatan Dan Teknik Pembelajaran

Pengertian Model, Metode, Strategi, Pendekatan dan Teknik Pembelajaran - Dewasa ini masih banyak dari kalangan pendidik, khususnya kita selaku guru yang masih galau wacana perbedaan antara model, metode, strategi, pendekatan dan teknik pembelajaran. Bahkan tidak sedikit yang malah menyamakan model dengan metode, taktik dengan teknik, dan lain sebagainya. Perlu kita ketahui bersama, hal tersebut ialah sebuah kekeliruan yang perlu kita perbaiki. Semua hal yang saya sebutkan tadi (model, metode, strategi, pendekatan dan teknik pembelajaran) antara satu dengan yang lainnya terang berbeda dan mempunyai tugas sendiri-sendiri.








(Unduh Disini) E-Book 45 Model Pembelajaran Spektakuler.Pdf
(Unduh Disini) E-Book Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning ( SCL).Pdf
(Unduh Disini) E-Book 53 Metode Belajar dan Pembelajaran.Pdf
(Unduh Disini) E-Book 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences.Pdf
Model Pembelajaran


Model pembelajaran hakikatnya ialah sebuah bentuk pembelajaran yang tergambarkan dari awal hingga simpulan pembelajaran yang dikemas secara khas oleh seorang pendidik. Dengan kata lain, model pembelajaran ialah bingkai atau bungkus dari pengaplikasian suatu metode, pendekatan dan teknik pembelajaran. Namun demikian, terkadang penggunaan istilah model pembelajaran sering disamakan dengan taktik pembelajaran.


Metode Pembelajaran


Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai sebuah cara yang dipergunakan dalam pengimplementasian planning yang telah disusun dalam suatu kegiatan konkret untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ada beberapa metode pembelajaran yang dapat dipergunakan untuk mengimplementasikan taktik pembelajaran, yaitu metode ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, laboratorium, pengalaman lapangan, brainstorming, debat dan lain sebagainya.  


Strategi Pembelajaran


Strategi pembelajaran merupakan cara-cara tertentu yang dipergunakan secara prosedural dan sistematis dalam suatu acara pembelajaran, dalam rangka meningkatkan kualitas hasil dan proses belajar. Contoh: Quantum teaching-learning, Contextual teaching-learning, Mastery learning, Active learning, Discovery-inquiry learning, PAIKEM dan Cooperative Learning.


Sementara itu, berdasarkan Kemp dalam Wina Senjaya (2008) menyampaikan bahwa taktik pembelajaran merupakan suatu acara pembelajaran yang mesti dikerjakan pendidik dan penerima didik sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara lebih efisien dan efektif.


Selanjutnya, mengutip pemikiran J. R David (Wina Senjaya, 2008) menyampaikan bahwa dalam taktik pembelajaran tersirat makna perencanaan. Yang artinya, bahwa taktik pembelajaran hakikatnya masih bersifat konseptual berkenaan keputusan-keputusan yang nantinya akan diambil dalam rangka melakukan proses pembelajaran.

Dilihat dari jenisnya, taktik pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu exposition-discovery learning dan group-individual learning. Sedangkan jikalau ditinjau dari cara pengolahan dan penyajiannya, taktik pembelajaran dapat dibedakan menjadi 2 macam, yaitu taktik pembelajaran induktif dan taktik pembelajaran deduktif.

Pendekatan Pembelajaran



Pendekatan pembelajaran merupakan sudut pandang atau titik tolak guru terhadap proses berlangsungnya pembelajaran, yang merujuk terhadap pandangan akan terjadinya sebuah proses yang sifatnya masih sangat general atau umum, didalamnya mewadahi, menguatkan, menginsiprasi dan melatari metode dalam suatu pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.


Dilihat dari jenisnya, pendekatan pembelajaran terbagi menjadi dua jenis pendekatan, yaitu  pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada penerima didik  dan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pendidik.



Teknik Pembelajaran



Teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai sebuah cara yang dilakukan seorang guru dalam mengimplementasikan metode pembelajaran secara spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah di sebuah kelas dengan jumlah penerima didik yang terbatas tentunya secara teknis harus berbeda dengan penggunaan metode ceramah di kelas dengan jumlah penerima didik yang banyak. 


(Unduh Disini) E-Book 45 Model Pembelajaran Spektakuler.Pdf
(Unduh Disini) E-Book Sintaks 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning ( SCL).Pdf
(Unduh Disini) E-Book 53 Metode Belajar dan Pembelajaran.Pdf
(Unduh Disini) E-Book 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences.Pdf

Belum ada Komentar untuk "✔ Pengertian Model, Metode, Strategi, Pendekatan Dan Teknik Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel