✔ Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 Jenjang Sd Edisi Revisi


Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian merupakan komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Komponen tersebut saling terkait antara satu dengan yang lain. Kurikulum sebagai seperangkat planning meliputi tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang dipakai sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pembelajaran dilakukan sebagai upaya untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum. Sementara itu, penilaian dekat kaitannya dengan informasi seputar peserta didik dan pembelajarannya. Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik.



Dalam melaksanakan penilaian, pendidik dan satuan pendidikan harus mengacu
pada Standar Penilaian Pendidikan. Mengelola pembelajaran dan penilaian dengan bermutu yaitu kiprah pendidik dan satuan pendidikan. Dengan melaksanakan pembelajaran dan penilaian, pendidik akan bisa menjalankan fungsi sumatif penilaian yakni mengukur dan menilai tingkat pencapaian kompetensi akseptor didik serta mendeskripsikan capaian hasil pembelajaran akseptor didik, dan fungsi formatif yakni mendiagnostik kesulitan belajar akseptor didik dalam pembelajaran, memberi petunjuk bagi pendidik dan peserta didik dalam meningkatkan mutu pembelajaran, mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran, sehingga sanggup dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan, dan perbaikan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Penilaian sebagai fungsi sumatif ketika ini dikenal dengan istilah penilaian atas pembelajaran (assessment of learning) sedangkan penilaian sebagai fungsi formatif ketika ini lebih dikenal sebagai penilaian sebagai pembelajaran ( assessment as learning) dan penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning).

Berikut ini pengertian-pengertian terkait penilaian yang ada dalam panduan ini.



  1. Standar Penilaian Pendidikan yaitu kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar akseptor didik yang dipakai sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar akseptor didik.
  2. Penilaian yaitu proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil berguru akseptor didik.
  3. Pembelajaran yaitu proses interaksi yang direncanakan antara peserta didik dengan akseptor didik lainnya, dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
  4. Penilaian hasil berguru oleh pendidik yaitu proses pengumpulan informasi/ data perihal capaian pembelajaran akseptor didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis yang dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil berguru melalui penugasan dan penilaian hasil belajar.
  5. Penilaian hasil berguru oleh satuan pendidikan yaitu proses pengumpulan informasi/data perihal capaian pembelajaran akseptor didik dalam aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis dalam bentuk penilaian final dan ujian sekolah/madrasah.
  6. Penilaian harian (PH) yaitu acara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar.
  7. Penilaian tengah semester (PTS) yaitu acara yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar akseptor didik setelah melaksanakan acara pembelajaran selama 8-9 minggu. Cakupan penilaian tengah semester meliput seluruh KD pada periode tersebut.
  8. Penilaian final semester (PAS) yaitu acara yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik di final semester ganjil. Cakupan PAS meliputi seluruh KD pada semester ganjil.
  9. Penilaian final tahun (PAT) yaitu acara yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik di final semester genap. Cakupan PAT meliputi seluruh KD pada semester genap.
  10. Ujian Sekolah/Madrasah yaitu acara yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi akseptor didik sebagai akreditasi prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu satuan pendidikan.
  11. Penilaian sikap merupakan acara yang dilakukan untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai sikap akseptor didik di dalam dan di luar pembelajaran.
  12. Penilaian pengetahuan merupakan acara yang dilakukan untuk mengukur penguasaan pengetahuan akseptor didik.
  13. Penilaian keterampilan merupakan acara yang dilakukan untuk mengukur kemampuan akseptor didik dalam menerapkan pengetahuan dalam melaksanakan kiprah tertentu.
  14. Prinsip penilaian yaitu asas yang mendasari penilaian dalam pembelajaran.
  15. Mekanisme penilaian yaitu mekanisme dan metode penilaian yang dilakukan oleh pendidik.
  16. Prosedur penilaian yaitu langkah-langkah penilaian yang dilakukan oleh pendidik.
  17. Teknik penilaian yaitu cara yang dipakai oleh pendidik untuk melakukan penilaian dengan memakai banyak sekali bentuk instrumen penilaian.
  18. Instrumen penilaian yaitu alat yang disusun dan dipakai untuk mengumpulkan dan mengolah informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar akseptor didik.
  19. Kriteria Ketuntasan Minimal yang selanjutnya disebut KKM yaitu kriteria ketuntasan berguru yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang mengacu pada standar kompetensi lulusan, dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan pendidikan.
Berikut kami bagikan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SD Edisi Revisi silahkan unduh pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini :

(Unduh Disini) Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SD Edisi Revisi
(Buka Disini) Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengah Pertama Edisi Revisi
(Buka Disini) Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengan Atas Edisi Revisi
(Buka Disini) Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengah kejuruan Edisi Revisi

Demikian Kami sampaikan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SD Edisi Revisi. supaya bermanfaat. silahkan Share

Belum ada Komentar untuk "✔ Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 Jenjang Sd Edisi Revisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel