✔ Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 Jenjang Sma Edisi Revisi

Penilaian yakni proses pengumpulan dan pengolahan gosip untuk mengukur pencapaian hasil berguru penerima didik.
Dalam melakukan evaluasi di SMA, sekolah harus mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan yaitu kriteria mengenai lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen evaluasi hasil berguru penerima didik yang digunakan sebagai dasar dalam evaluasi hasil berguru penerima didik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.



Berkaitan dengan evaluasi terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut.

  1. Penilaian yang dilakukan oleh guru hendaknya tidak hanya evaluasi atas pembelajaran (assessment of learning), melainkan juga evaluasi untuk pembelajaran (assessment for learning) dan evaluasi sebagai pembelajaran (assessment as learning).
  2. Penilaian diarahkan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar (KD) pada Kompetensi Inti (KI), yaitu KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
  3. Penilaian memakai contoh kriteria, yaitu evaluasi yang membandingkan capaian peserta didik dengan kriteria kompetensi yang ditetapkan. Hasil evaluasi seorang penerima didik, baik formatif maupun sumatif, tidak dibandingkan dengan hasil penerima didik lainnya namun dibandingkan dengan penguasaan kompetensi yang ditetapkan. Kompetensi yang ditetapkan merupakan ketuntasan berguru minimal yang disebut juga dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM).
  4. Penilaian dilakukan secara terpola dan berkelanjutan, artinya semua indikator diukur, kemudian karenanya dianalisis untuk memilih KD yang telah dan yang belum dikuasai penerima didik, serta untuk mengetahui kesulitan berguru penerima didik.
  5. Hasil evaluasi dianalisis untuk memilih tindak lanjut, berupa aktivitas remedial bagi peserta didik dengan pencapaian kompetensi di bawah ketuntasan dan aktivitas pengayaan bagi penerima didik yang telah memenuhi ketuntasan. Hasil evaluasi juga dipakai sebagai umpan balik bagi guru untuk memperbaiki proses pembelajaran.

Prinsip Penilaian
Penilaian hasil berguru penerima didik harus memperhatikan prinsip-prinsip evaluasi sebagai
berikut:

  1. sahih, berarti evaluasi didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur;
  2. objektif, berarti evaluasi didasarkan pada mekanisme dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;
  3. adil, berarti evaluasi tidak menguntungkan ataumerugikan penerima didik karena berkebutuhan khusus serta perbedaan latar belakang agama, suku, budaya, budpekerti istiadat, status sosial ekonomi, dan gender;
  4. terpadu, berarti evaluasi merupakan salahsatu komponen yang tidak terpisahkan dari kegiatanpembelajaran;
  5. terbuka, berarti mekanisme penilaian, kriteria penilaian, dandasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak-pihakyang berkepentingan;
  6. menyeluruh dan berkesinambungan, berarti evaluasi meliputi semua aspek kompetensi denganmenggunakan aneka macam teknik evaluasi yang sesuai, untuk memantau perkembangan kemampuan penerima didik;
  7. sistematis, berarti evaluasi dilakukan secara terencanadan sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah baku;
  8. beracuan kriteria, berarti evaluasi didasarkan pada ukuranpencapaian kompetensi yang ditetapkan; dan
  9. akuntabel, berarti evaluasi sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi mekanisme, prosedur, teknik, maupun hasilnya

Berikut kami bagikan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengan Atas Edisi Revisi silahkan unduh pada link yang sudah kami sediakan dibawah ini :

(Buka Disini) Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SD Edisi Revisi
(Buka Disini) Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengah Pertama Edisi Revisi
(Unduh Disini) Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengan Atas Edisi Revisi
(Buka Disini) Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengah kejuruan Edisi Revisi

Demikian Kami sampaikan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Menengan Atas Edisi Revisi. biar bermanfaat. silahkan Share

Belum ada Komentar untuk "✔ Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 Jenjang Sma Edisi Revisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel