✔ Cara Login Aplikasi Sispena Sm (Akreditasi Sekolah) Untuk Sd, Smp Dan Sma/Smk

Panduan Cara Login Aplikasi Bansm untuk Akreditasi Sekolah dan Madrasah ini ditujukan bagi pengelola pendataan sekolah guna menawarkan simulasi sispena dan cara penggunaannya dalam mewujudkan ratifikasi sekolah berkualitas oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BANSM).


Panduan Cara Login Aplikasi Bansm untuk Akreditasi Sekolah dan Madrasah ini ditujukan bagi ✔ Cara Login Aplikasi SisPenA SM (Akreditasi Sekolah) untuk SD, Sekolah Menengah Pertama dan SMA/SMK


Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah / Sispena merupakan aplikasi berbasis web, artinya sanggup diakses kapan saja, dimana saja selama mendapat kanal internet. Pada aplikasi Sispena, terdapat dua kategori yaitu sekolah sasaran dan bukan sasaran. Untuk melihatnya harus login terlebih dahulu pada Aplikasi Sispena dengan mengikuti panduan cara pendaftaran / login aplikasi Sispena berikut ini.

1. Buka Website Aplikasi Sispena

Ketiklah alamat / url http://sispena.bansm.or.id ke browser atau http://bansm.or.id yang biasa digunakan.

2. Registrasi Akun Sekolah

Setelah terbuka halaman login Sispena silakan masukkan username serta password standar berupa NPSN “nantinya pasword sanggup diubah dikala sudah login”. Pada bab level pengguna pilih sebagai sekolah.

Selanjutnya, jikalau muncul kotak ceklis / verifikasi gambar maka harus dijawab, kemudian gres sanggup login aplikasi Sispena.

3. Isi Identitas Sekolah Secara Lengkap

Saat pertama kali login Sispena. Sistem otomatis menampilkan jendela form isian identitas sekolah. lengkapi form tersebut hingga selesai, pastikan form email sudah terisi, alasannya email ini nantinya dipakai sebagai akun recovery akun sispena jikalau lupa password.

4. Login ke Beranda Aplikasi Sispena

Setelah melengkapi identitas sekolah, maka akan masuk ke area penilaian penilaian diri sekolah, jikalau pada hidangan ini tidak terdapat data atau kosong artinya belum di maping sebagai sasaran ratifikasi tahun berjalan “yang melaksanakan mapping bukan kita ya, tapi BAP”. Namun jikalau terdapat hidangan penilaian berarti telah disasar sebagai penerima ratifikasi pada aplikasi Sispena.

Bagi yang belum termasuk sasaran ratifikasi jangan khawatir, alasannya masih tetap sanggup mencoba penilaian menurut instrumen gres dengan memanfaatkan Fitur Simulasi Sispena pada bab kiri.

5. Isi dan Lengkapi Instrumen Akreditasi Sekolah

Dalam  tabel  evaluasi diri sekolah terdapat 6 hidangan yang harus dilengkapi yaitu Pernyataan  Kepala Sekolah, Prasyarat Akreditasi, Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP), Photo Pendukung, Penilaian EDS dan Kartu Kendali.

Pernyataan Kepala Sekolah

Unggahlah surat pernyataan KS, jikalau belum mempunyai formatnya sanggup diunduh didalamnya, di isi kemudian diunggah.

Prasyarat Akreditasi


Menampilkan 6 tombol untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF / DOC (Dokumen). Keenam dokumen dimaksud ialah Surat Ijin Operasional, Daftar Siswa Tiap  Kelas, Data PTK,  Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum, Daftar Lulusan 1 Tahun Terakhir dan Data Sarana Prasarana. Dokumen yang diunggah berukuran maksima 1 MB.

Jika dokumen berhasil dikirim muncul tombol sudah terunggah, jikalau terdapat kesalahan sanggup melaksanakan perubahan data dengan cara me-replace file.
Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP)

Pada fitur ketiga ini kita mengunduh pola instrumen pengumpulan data berbentuk doc / pdf. Setelah diunduh, serahkan ke penanggungjawab pengisian atau ke KS untuk di isi. Setelah selesai selanjutnya upload dokumen IPDIP tersebut, pastikan ukuran maksimalnya 3 Mb, Simpan.

Photo Pendukung

Unggahlah photo terkait sekolah disini dengan format JPG, ada 5 buah photo yang harus diunggah ibarat Plang Sekolah, Sarpras, Kegiatan Sekolah dan foto lainnya yang mewakili kondisi sekolah.

Input Evaluasi Diri Sekolah

Bagian yang sangat penting dari aplikasi Sispena ialah pengisian EDS. Pada hidangan ini terdapat jendela penilaian akreditasi, sistem penilaian ditampilkan butir demi butir dan sesuai 8 standar secara berurutan. Sebelum melaksanakan pengisian silakan tekan tombol Petunjuk Teknis pada bab kanan atas untuk memahami tatacara pengisiannya.

Untuk menawarkan penilaian pribadi pilihan opsi a,b,c,d,e. Jika sudah terpilih akan bermetamorfosis warna hijau. Jika sudah, pilih tombol selanjutnya untuk mengisi instrumen lain hingga semua instrumen terisi.

Penilaian sanggup dilakukan secara acak dari satu standar ke standar lainnya. Data penilaian akan tersimpan secara otomatis jikalau admin keluar dari sistem guna mengantisipasi terjadi tragedi ibarat mati lampu ketika proses penilaian 

Proses penilaian EDS dianggap selesai dikala semua butir telah dinilai, ditandai munculnya tombol Simpan dibagian paling bawah. Apabila sudah yakin dengan penilaiannya, pilih tombol Simpan kemudian sanggup pribadi melihat hasil penilaiannya dengan menentukan tombol Lihat Hasil Penilaian.

Pada jendela Hasil Penilaian akan muncul Nilai Setiap Standar, Nilai selesai dan Peringkat. Jika terdapat warna merah artinya nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, dengan kata lain tidak lulus akreditasi. Karenanya jikalau terdapat nilai merah admin sekolah sanggup merubah data penilaian diri sekolah dengan menekan tombol hidangan Edit EDS. Untuk merubah nilai langkah langkahnya sama ibarat mengisi nilai pertama kali.

Kartu Kendali

Langkah terakhir ini sangat Penting….!!. Sekolah  harus menginput kartu kendali sehabis proses visitasi ratifikasi oleh asesor selesai dilaksanakan. Perlu di ingat bahwa kartu ini hanya sekali dan tak sanggup di rubah, jadi pastikan data sudah benar-benar sesuai. 

Selanjutnya cetak kartu pada tombol Print, kemudian lembar isian sesuai dengan format kemudian di tanda tangani oleh kepala sekolah. Scan kartu kemudian kirim dengan menglik upload kemudian pilih filenya.
Selain ke enam hidangan tersebut terdapat juga menu-menu lainnya ibarat edit profil serta ganti pasword, namun fitur utaman dari aplikasi sispena ialah 6 poin di atas.
Panduan Lengkap Aplikasi Sispena BANSM.pdf
Demikian pemaparan perihal panduan cara login aplikasi Sispena beserta penggunaannya, bagi sekolah yang sudah dimapping selamat bekerja. Semoga diberi kesehatan selalu mengingat padatnya pengelolaan pendataan oleh OPS, selamat menggunakan.

Belum ada Komentar untuk "✔ Cara Login Aplikasi Sispena Sm (Akreditasi Sekolah) Untuk Sd, Smp Dan Sma/Smk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel