✔ Apa Pembeda Rpp K13 Revisi 2016 Dengan Rpp K13 Revisi 2017?

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibentuk tenaga pendidik harus memunculkan dan menginsert empat macam point yaitu PPK, Literasi, 4C, dan HOTS maka perlu kreatifitas tenaga pendidik untuk meraciknya menjadi RPP yang utuh.

 yang dibentuk tenaga pendidik harus memunculkan dan menginsert empat macam point yaitu PPK ✔ Apa pembeda RPP K13 Revisi 2016 dengan RPP K13 Revisi 2017?
Apa pembeda RPP K13 Revisi 2016 dengan RPP K13 Revisi 2017?



A. Perbaikan atau revisinya antara lain:

1. Mengintergrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) didalam pembelajaran. Karakter yang diperkuat terutama 5 karakter, yaitu: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas atau 7 Karakter untuk mapel IPS dari 18 Karakter prioritas.

2. Mengintegrasikan literasi dan menginsert literasi dalam RPP baik sebelum, sedang dan sehabis pembelajaran.
#Pengertian Literasi dalam konteks Gerakan Literasi Sekolah yakni kemampuan mengakses, memahami, dan memakai sesuatu secara cerdas melalui banyak sekali kegiatan antara lain membaca, melihat, menyimak, menulis, dan/atau berbicara. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh untuk mengakibatkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun meliputi keterampilan berpikir memakai sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi sanggup dijabarkan menjadi Literasi Dasar (Basic Literacy), Literasi Perpustakaan (Library Literacy), Literasi Media (Media Literacy), Literasi Teknologi (Technology Literacy), Literasi Visual (Visual Literacy).
Intinya Literasi yakni melek.

3. Keterampilan kala 21 atau diistilahkan dengan 4C (Creative, Critical thinking, Communicative, dan Collaborative); 
Inilah yang bantu-membantu ingin kita tuju dengan K-13, bukan sekadar transfer materi. Tetapi pembentukan 4C.  Beberapa pakar menjelaskan pentingnya penguasaan 4C sebagai sarana meraih kesuksesan, khususnya di Abad 21, kala di mana dunia berkembang dengan sangat cepat dan dinamis. Penguasaan keterampilan kala 21 sangat penting, 4 C adalah  jenis softskill yang pada implementasi keseharian, jauh lebih bermanfaat ketimbang sekadar pengusaan hardskill.

3.  Mengintegrasikan HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi Level 3/C4 s/d C6)
#Higher Order of Thinking Skill (HOTS) yakni kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya hingga metakognitif yang mensyaratkan penerima didik bisa untuk memprediksi, mendesain, dan memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS yaitu analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; penilaian merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan menurut fakta/informasi; dan mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.

#Gerakan PPK perlu mengintegrasikan, memperdalam, memperluas, dan sekaligus menyelaraskan banyak sekali agenda dan kegiatan pendidikan huruf yang sudah dilaksanakan hingga sekarang. 

B. Pengintegrasian tersebut antara lain:
a. pemaduan kegiatan kelas, luar kelas di sekolah, dan luar sekolah (masyarakat/komunitas); 
b. pemaduan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler; 
c. pelibatan secara serempak warga sekolah, keluarga, dan masyarakat; 

Perdalaman dan ekspansi sanggup berupa: 
1. Penambahan dan pengintensifan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pada pengembangan huruf siswa, 

2. Penambahan dan penajaman kegiatan berguru siswa, dan pengaturan ulang waktu berguru siswa di sekolah atau luar sekolah; 

3. Penyelerasan sanggup berupa adaptasi kiprah pokok guru, Manajemen Berbasis Sekolah, dan fungsi Komite Sekolah dengan kebutuhan Gerakan PPK.
Maka mustahil lagi memakai model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita perlu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran (Active Learning).

Belum ada Komentar untuk "✔ Apa Pembeda Rpp K13 Revisi 2016 Dengan Rpp K13 Revisi 2017?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel