✔ Bahan Workshop Penemuan Pembelajaran 2018

Pendidikan kala 21 menuntut guru untuk menghasilkan generasi global yang mempunyai kemampuan berpikir kritis, mempunyai kreativitas tinggi, sanggup berkomunikasi secara efektif, dan bisa berkolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan penemuan dalam menuntaskan permasalahan kehidupan. Oleh alasannya yakni itu, guru perlu melaksanakan penemuan dalam memfasilitasi akseptor didik mempunyai kemampuan tersebut. Dukungan pemerintah dalam meningkatkan kreativitas dan penemuan guru diwujudkan melalui pelaksanaan Lomba Karya Inovasi Pembelajaran (Inobel).




Inobel merupakan ajang kompetisi penemuan pembelajaran bagi guru, baik dalam hal pendekatan, model, strategi, metode, teknik, maupun media pembelajaran. Suatu penemuan yang sanggup membantu memecahkan permasalahan pembelajaran dibutuhkan sanggup meningkatkan proses dan hasil mencar ilmu yang bermutu semoga akseptor didik sanggup menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan kala 21. Melalui perlombaan ini, karya-karya penemuan pembelajaran yang terpilih sanggup dimanfaatkan sebagai referensi bagi guru dalam peningkatan mutu pembelajaran. 

Adapun Manfaat dari acara Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru ini  di antaranya:

  • meningkatkan jumlah karya penemuan pembelajaran guru SD, sehingga sanggup diadopsi, diadaptasi, dan diimplementasikan oleh guru lain;
  • mengembangkan budaya mencar ilmu kreatif dan inovatif sehingga sanggup meningkatkan kinerja guru SD;
  • meningkatkan karier guru SD pemenang lomba penemuan pembelajaran;
  • menginspirasi guru SD untuk menyebarkan pembelajaran inovatif sehingga berdampak terhadap peningkatan hasil mencar ilmu akseptor didik.

Dan Karya Inovasi Pembelajaran dinilai menurut aspek-aspek berikut.

  1. Asli: karya penemuan pembelajaran yang dilombakan merupakan hasil pemikiran/karya sendiri bukan plagiat.
  2. Spesifik: karya penemuan pembelajaran yang dilombakan mempunyai kekhususan yang menarik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.
  3. Unik: karya penemuan pembelajaran yang dilombakan mempunyai nilai-nilai kekhususan dan keistimewaan tersendiri.
  4. Inovatif: karya penemuan yang dilombakan mengandung unsur kebaruan.
  5. Sistematis: tata urut karya penemuan pembelajaran yang diusulkan sesuai dengan ketentuan pada pedoman.
  6. Aplikatif: karya penemuan pembelajaran yang dilombakan, gampang diterapkan, digunakan, dan dikembangkan oleh pengguna lain.
  7. Inspiratif: karya penemuan pembelajaran yang dilombakan bisa mengilhami pengguna untuk melaksanakan pembaruan dalam pembelajaran.
  8. Bermanfaat: karya penemuan pembelajaran yang dilombakan bermanfaat untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran dan memberi penguatan pendidikan karakter.

Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran Guru SD Tingkat Nasional Tahun 2018 bersifat inovatif, orisinal, edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.

  1. Inovatif: pembaruan atau penemuan hal-hal gres yang berbeda dari yang sudah ada atau sudah dikenal sebelumnya;
  2. Orisinal: merupakan karya sendiri, bukan hasil dari plagiat;
  3. Edukatif: menumbuhkan perilaku sportivitas, kebersamaan, dan saling menghargai keunggulan setiap karya yang dihasilkan;
  4. Kompetitif: membangun semangat dan daya saing antarguru SD secara sehat;
  5. Objektif: evaluasi didasarkan pada mekanisme dan kriteria yang terperinci tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;
  6. Transparan: sanggup diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka;
  7. Akuntabel: sanggup dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan;
  8. Efektif: pelaksanaan acara sesuai dengan tujuan; dan
  9. Efisien: ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai dengan yang direncanakan.


Untuk Memperluas Pengetahuan dan memberi Gambaran kepada bapak ibu Guru untuk menciptakan Karya Inovasi Pembelajaran yang sesuai dengan Aspek dan Prinsip yang di jabarkan di atas Serta Memberi motivasi untuk mengikuti Kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran , Kami bantu bagikan Materi Workshop Inovasi Pembelajaran 2018 .
Silahkan Dapat diunduh pada link - link dibawah ini :

1. Silabus KTI Inobel 2018 ( Unduh Disini )
2. Karya Tulis Ilmiah BSD 2018 ( Unduh Disini )
3. KTI Untuk Inobel dan Artikel ( Unduh Disini )
4. Karya Tulis Ilmiah ( Unduh Disini )
5. Bentuk Bentuk Inovasi Pembelajaran ( Unduh Disini )
6. Penelitian Pengembangan ( R & D ) ( Unduh Disini )
7. KTI Dalam Artikel Ilmiah ( Unduh Disini )
8. Bahasa Sebagai Sarana Komunikasi Ilmiah ( Unduh Disini )
9. Jenis Karya Inovatif Baru ( Unduh Disini )
10. Media Kartu Kata (Kalimat Efektif) ( Unduh Disini )
11. Teknik Presentasi Inobel 2018 ( Unduh Disini )
12. Teknik Pameran Display Inobel 2018 ( Unduh Disini )
13. HAKI Inobel 2018 ( Unduh Disini )
14. Plagiarisme dan Pencegahannya ( Unduh Disini )


Kami Bantu Berikan Contoh Naskah Inobel Terbaik Tahun 2017 ,

Jenjang SD

1. Naskah Inobel MIPA Hendrik Hermawan ( Juara 1 Inobel MIPA 2017 ) Menunggu Konfirmasi
2. Naskah Inobel IPSPB Budi Prihartini ( Juara 1 Inobel IPSPB 2017 ) Menunggu Konfirmasi
3. Naskah Inobel SORAM Fajar TriLaksono ( Juara 1 Inobel SORAM 2017 ) Menunggu Konfirmasi

Jenjang SMP
1. Naskah Inobel MIPA Eka Purjiyanta ( Juara 1 Inobel MIPA 2017 ) Menunggu Konfirmasi
2. Naskah Inobel IPSPB Muslihatun Syarifah ( Juara 1 Inobel IPSPB 2017 ) Menunggu Konfirmasi
3. Naskah Inobel SORAK Umi Rasodah ( Juara 1 Inobel SORAK 2017 ) Menunggu Konfirmasi

Kami Akan Terus Memperbaharui Materi Workshop Inovasi Pembelajaran 2018 yang Kami Dapat, Semoga Bermanfaat Untuk Bapak Ibu .. Wassalam

Belum ada Komentar untuk "✔ Bahan Workshop Penemuan Pembelajaran 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel