✔ Unduh Pdf Aliran Seminar Nasional Guru Dikdas ( Sd Dan Smp ) 2019
Seminar Nasional Guru Dikdas 2019 yang diadakan Kesharlindung Dikdas telah dibuka pendaftarannya melalui website resmi Kesharlindung Dikdas: http://kesharlindung.pgdikdas.kemdikbud.go.id
D. Ketentuan Artikel
Demikian Kami Sampaikan Pedoman Seminar Nasional Guru DIKDAS ( SD dan Sekolah Menengah Pertama ) 2019, Semoga Bermanfaat.
Pedoman Seminar Nasional Guru DIKDAS ( SD dan Sekolah Menengah Pertama ) 2019 |
Yang harus betul betul diperhatikan dalam mendaftar di Kegiatan ini ialah sebagai berikut:
- Pada ketika mendaftar, sebaiknya pilih tema yang paling sempurna karna tema yang dipilih pada ketika mendaftar tidak sanggup diubah kembali.
- Pada artikel tulislah jenis artikel anda pada awal penulisan judul pada tulisan. Contoh:
- (Bestpractice) Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa SD 1 Kebon Rambutan atau
- (Hasil Kajian) Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa SD 1 Kebon Rambutan atau
- (Hasil penelitian) Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa SD 1 Kebon Rambutan
Unduh Contoh Naskah Prossiding Seminar Nasional Guru Dikdas 2018
B. Tema, Subtema, dan Deskripsi
Tema Seminar Nasional Tahun 2019 adalah “Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar pada Era Revolusi Industri 4.0” dengan subtema sebagai berikut.
- Pengembangan Karier Guru
- Pengembangan Kompetensi Guru
- Penguatan Pendidikan Karakter
- Peningkatan Mutu Pembelajaran
- Pengembangan Literasi Dasar
- Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal
- Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi
- Asesmen Berbasis Teknologi Informasi
- Gagasan Inovatif Perlindungan Guru
- Pembelajaran yang Menstimulasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS)
- Pendekatan Science-Technology-Engineering-Art-Math (STEAM)
Deskripsi Subtema:
- Pengembangan Karier Guru - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai percepatan peningkatan karier guru atau pengalaman terbaik (best practice) dan pelajaran yang sanggup dipetik (lesson learnt) dalam meningkatkan karier.
- Pengembangan Kompetensi Guru - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai upaya guru untuk meningkatkan dan membuatkan kompetensi guru dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan dan pembelajaran.
- Penguatan Pendidikan Karakter - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai implementasi nilai-nilai utama pendidikan karakter (religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas) berbasis kelas, budaya sekolah, dan masyarakat.
- Peningkatan Mutu Pembelajaran - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai pendekatan/ model/ strategi/ metode/ teknik pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian pembelajaran.
- Pengembangan Literasi Dasar - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai pengembangan literasi dasar (baca tulis, berhitung, sains, teknologi warta dan komunikasi, keuangan, budaya dan kewarganegaraan).
- Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai cara guru merancang dan membuatkan pembelajaran melalui pendekatan budaya, permainan, tradisi yang khas di lingkungan sekitar.
- Pembelajaran Berbantuan Teknologi Informasi - Kajian, pengalaman, atau penelitian perihal pemanfaatan sumber berguru yang dihasilkan dari perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), misalnya: pembuatan materi latih dan presentasi menggunakan powerpoint, animasi pembelajaran, dan produk media daring/luring lainnya.
- Asesmen Berbasis Teknologi Informasi - Kajian, pengalaman, atau penelitian perihal pemanfaatan teknologi warta dalam membuatkan asesmen autentik. Misalnya: penerapan CBT (computer based test) dan tes interaktif.
- Gagasan Inovatif Perlindungan Guru - Kajian, pengalaman, studi kasus, atau penelitian mengenai proteksi guru mencakup gagasan inovatif dalam proteksi hukum, proteksi profesi, Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI), keselamatan, dan kesehatan kerja.
- Pembelajaran yang Menstimulasi Higher-Order Thinking Skills (HOTS) - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai upaya guru dalam membuatkan pembelajaran dan penilaian yang menstimulasi HOTS.
- Pendekatan Science-Technology-Engineering-Art - Math (STEAM) - Kajian, pengalaman, atau penelitian mengenai pendekatan pembelajaran STEAM.
C. Persyaratan Artikel
- Artikel sesuai dengan subtema butir A;
- Hasil karya sendiri (asli) disertai pernyataan keaslian naskah bermeterai (contoh format terlampir);
- Belum pernah diseminarkan dan dipublikasikan, serta tidak sedang dalam proses reviu oleh editor jurnal atau media publikasi lainnya;
- Memiliki similarity maksimal 30%;
- Jumlah halaman artikel maksimal 12, termasuk aneh dan daftar referensi.
D. Ketentuan Artikel
- Penulisan artikel memakai bahasa Indonesia secara benar dan baik (sesuai PUEBI). Panjang naskah maksimal 12 halaman, memakai program Windows Microsoft Word tahun 2003 ke atas, kertas ukuran A4, diketik 1,5 spasi, tipe huruf Times New Roman, font size 12, margin atas dan kiri 3 cm, bawah dan kanan 3 cm.
- Artikel disimpan dengan nama file: nama penulis_nomor subtema_kota/kabupaten daerah tinggal. Contoh: seorang penulis berjulukan Asep Saeful berdomisili di Kabupaten Garut menentukan subtema mengenai Penguatan Pendidikan karakter. Maka nama filenya adalah: asep saeful_3_garut
Untuk Selengkapnya Silahkan Unduh PDF Pedoman Seminar Nasional Guru DIKDAS ( SD dan Sekolah Menengah Pertama ) 2019, Pada Link dibawah ini :
Unduh PDF Pedoman Seminar Nasional Guru DIKDAS 2019 ( Unduh Disini )
Unduh PDF Pedoman Seminar Nasional Guru DIKDAS 2019 ( Unduh Disini )
Demikian Kami Sampaikan Pedoman Seminar Nasional Guru DIKDAS ( SD dan Sekolah Menengah Pertama ) 2019, Semoga Bermanfaat.
Sumber : https://gurindo.id/2019/05/07/seminar-nasional-guru-dikdas-2019-telah-dibuka/
Belum ada Komentar untuk "✔ Unduh Pdf Aliran Seminar Nasional Guru Dikdas ( Sd Dan Smp ) 2019"
Posting Komentar