✔ Seminar Nasional Pendidikan Matematika ( Sendimat ) Vii Tahun 2019
Ketika komputer diperkenalkan pada kurun industri 3.0, pada mulanya hal itu dianggap mengganggu tanggapan penambahan teknologi yang sama sekali baru. Namun dengan berjalannya waktu, komputerisasi di aneka macam lini kehidupan terbukti menciptakan loncatan kemajuan yang luar biasa. Sekarang, dan ke masa depan ketika industri 4.0 dimulai, komputer terhubung dan berkomunikasi satu sama lain untuk balasannya menciptakan keputusan tanpa keterlibatan manusia. Kombinasi dari sistem fisik-siber, Internet of Things dan Internet of Systems membuat industri 4.0 menjadi mungkin dan pabrik bakir menjadi kenyataan. Sebagai hasil dari dukungan mesin bakir yang terus menjadi lebih bakir sebab memperoleh jalan masuk ke lebih banyak data, pabrik-pabrik akan menjadi lebih efisien dan produktif serta tidak boros. Pada akhirnya, jaringan mesin-mesin ini yang terhubung secara digital satu sama lain dan menciptakan serta mengembangkan gosip yang menghasilkan kekuatan bantu-membantu dari industri 4.0 (Bernard Marr, 2018). Ada empat prinsip rancangan dalam Industri 4.0. Prinsip-prinsip ini membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengimplementasikan skenario-skenario Industri 4.0, yakni interoperabilitas, transparansi informasi, tunjangan teknis, dan keputusan mandiri. Dunia dikala ini memang tengah dihadapkan pada kurun revolusi industri 4.0. Berjuta peluang yang bisa dimanfaatkan, tetapi di sisi lain juga terdapat berjuta tantangan yang harus dihadapi. Pendidik dan tenaga kependidikan matematika tentu harus bersiap dan mengantisipasi peluang dan tantangan tersebut. Pendidik dan Tenaga Kependidikan merupakan unsur yang sangat penting dan mempunyai kiprah strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tantangan peningkatan kompetensi guru berkembang seiring meningkatnya tuntutan terhadap kualitas pendidikan. Guru dituntut mengembangkan kompetensi secara berkelanjutan sehingga bisa menjalankan kiprah profesionalnya. Pendidik dan Tenaga Kependidikan harus berusaha untuk terus-menerus meningkatkan kemampuan mengelola pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan kurun industri 4.0, sehingga para siswa lulusan mempunyai daya saing dengan keunggulan komparatif dan kompetitif. Harus tercipta kesadaran bersama baik oleh pemerintah, dunia pendidikan maupun masyarakat, bahwa perubahan besar dalam industri 4.0 yaitu keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Tujuan Kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) dilaksanakan dengan tujuan: 1. Mengupayakan terwujudnya budaya ilmiah di lingkungan pendidik (guru, widyaiswara, dosen) dan tenaga kependidikan matematika. 2. Memberi wadah bertukar informasi, inspirasi dan gagasan di antara pendidik dan tenaga kependidikan matematika, khususnya dalam mengelola pembelajaran menghadapi kurun revolusi industri 4.0 3. Mendorong dan memfasilitasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), khususnya bagi guru, pendidik dan tenaga kependidikan pada umumnya. 4. Memfasilitasi adanya ruang obrolan dan peningkatan wawasan bagi sivitas akademika, pendidik, dan tenaga kependidikan matematika dalam mengembangkan pengalaman penelitian, karya ilmiah, dan karya penemuan untuk peningkatkan kualitas pendidikan matematika. Tema “Peluang dan Tantangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” Pembicara Keynote Speaker : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Topik : Pengembangan dan peningkatan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Invited Speaker : 1. Sumaryanta, S.Pd., M.Pd. & Joko Purnomo, S.T., M.T. (Widyaiswara PPPPTK Matematika) Topik : Rekonstruksi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 2. Romi Satria Wahono, Ph.D. (Founder dan CEO PT IlmuKomputerCom Braindevs ) Topik : Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi: Peluang dan Tantangannya pada Era Revolusi Industri 4.0 3. Prof. Dr. Iwan Pranoto (Dosen Matematika ITB) Topik : Merumuskan Kecakapan Matematika untuk Dunia yang Semakin Algoritmik tetapi Tak Pasti Peserta 1. Guru matematika (guru kelas dan guru mata pelajaran) 2. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah 3. Widyaiswara Matematika 4. Pengembang Teknologi Pembelajaran 5. Mahasiswa pendidikan matematika/matematika 6. Peminat dan pemerhati pendidikan matematika/matematika Fasilitas § Seminar kit § Sertifikat § Makalah yang dipresentasikan diterbitkan dalam prosiding § Konsumsi Ketentuan Makalah 1. Makalah relevan dengan tema dan belum pernah dipublikasikan; 2. Mengikuti hukum penulisan karya ilmiah dan sesuai dengan template yang ditentukan; 3. Template bisa diunduh di Template SeNdiMat VII 2019 4. Sertifikat pemakalah/pembicara sesi paralel hanya diberikan pada peserta yang mempresentasikan makalahnya. Pemakalah Yang Dibiayai PPPPTK Matematika menyediakan biaya bagi 75 pemakalah terpilih, mencakup biaya transportasi dan fasilitas selama di PPPPTK Matematika. Seleksi menurut kualitas makalah lengkap. Pemakalah yang didanai yaitu dari kalangan Guru SD/MI, Guru Matematika SMP/MTS/SMA/MA/SMK/MAK, Kepala Sekolah atau Pengawas Sekolah. Pemakalah Mandiri Selain pemakalah yang dibiayai, PPPPTK Matematika memperlihatkan kesempatan kepada 30 pemakalah mandiri. Pemakalah sanggup bangun diatas kaki sendiri disediakan fasilitas selama acara SeNdiMat VII berlangsung. Tanggal Penting
Tanggal Penting
No | Kegiatan | Tanggal |
1 | Batas tamat penerimaan abstrak | 16 Agustus 2019 |
2 | Pengumuman abnormal yang diterima | 3 September 2019 |
3 | Batas tamat penerimaan full paper | 27 September 2019 |
4 | Pengumuman full paper yang diterima | 11 Oktober 2019 |
5 | Batas tamat registrasi | 18 Oktober 2019 |
6 | Pelaksanaan SeNdiMat VII | 13 dan 14 November 2019 |
Pendaftaran
- Pendaftaran online sanggup diakses di
- Pendaftaran peserta non pemakalah sanggup bangun diatas kaki sendiri paling lambat tanggal 18 Oktober 2019. Apabila kuota telah memenuhi, maka pendaftaran peserta akan ditutup;
- Pengiriman abnormal dan makalah lengkap sanggup dikirimkan ke alamat sendimat2019@gmail.com. Adapun hukum penamaan file makalah mengikuti pola: Nama Pengirim-Instansi-Kab/Kota-Jenjang;
Untuk Contoh Naskah Bisa DIunduh pada Link Prosiding Seminar Pendidikan Matematika ( Sendimat ) ke VI Tahun 2018 pada link dibawah ini :
http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/sendimat/category/sendimat-vi/
http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/sendimat/category/sendimat-vi/
Belum ada Komentar untuk "✔ Seminar Nasional Pendidikan Matematika ( Sendimat ) Vii Tahun 2019"
Posting Komentar