✔ Unduh Panduan Pengisian Sispena S/M Untuk Sekolah Tahun 2018 Format Pdf

Unduh Panduan Pengisian Sispena S/M Untuk Sekolah Tahun 2018 Format PDF - Rekan-rekan semua kali ini admin akan membagikan buku Panduan Pengisian Sispena S/M Untuk Sekolah Tahun 2018, Pada Buku Panduan Pengisian Sispena S/M Untuk Sekolah Tahun 2018 ini berbentuk PDF dan sanggup di unduh secara gratis pada website ini. Pada Panduan Pengisian Sispena S/M Untuk Sekolah Tahun 2018 ini terdapat Cara Login Sispena S/M / Sispena SM Login, Sispena Login dan juga terdapat cara pengisian nya.



Buku Panduan Sispena-S/M untuk Sekolah/Madrasah Tutorial ini akan memperlihatkan pemahaman kepada Sekolah/Madrasah bagaimana memakai aplikasi Sispena-S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah.) Aplikasi Sispena-S/M yaitu aplikasi penilaian pengakuan yang berbasis web, dimana sanggup saluran dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. 


Selain sanggup diakses memakai Laptop atau komputer aplikasi juga sanggup diakses memakai handphone ataupun device yang resolusinya lebih kecil. Adapun langkah-langkah untuk mengakses atau memakai aplikasi Sispena-S/M.


Adapun langkah-langkah untuk mengakses atau memakai aplikasi Sispena-S/M yaitu:
  1. Buka url: bansm.kemdikbud.go.id/sispena di halaman browser.
  2. Atau sanggup klik link banner Sispena-S/M yang terdapat di sebelah kiri bawah website http://bansm.kemdikbud.go.id
  3. Akan muncul halaman login 

  4. Selanjutnya masukkan user (NPSN) dan password yang dimiliki. Untuk password default yaitu NPSN juga.
  5. Masukkan isyarat pengaman yang muncul secara acak pada form di bawahnya. dan klik link di sini untuk mengganti isyarat yang muncul apabila isyarat tidak jelas.
    rekan semua kali ini admin akan membagikan buku Panduan Pengisian Sispena S ✔ Unduh Panduan Pengisian Sispena S/M Untuk Sekolah Tahun 2018 Format PDF
  6. Kalau sudah user password dan isyarat pengaman terisi klik
  7. Apabila berhasil masuk maka, Sistem akan pribadi menampilkan jendela form identitas sekolah yang sebagian besar telah terisi dari data dapodik/EMIS. 
  8. Khusus untuk Jenjang SMK, terdapat form isian jadwal keahlian yang sanggup diisi lebih dari satu jadwal keahlian. 
  9. Selain itu, data yang wajib diisi sekolah yaitu status akreditasi terakhir, tahun pengakuan serta visi dan misi.
  10. Setelah terisi selanjutnya klik Submit. 
  11. Selanjutnya sekolah mengklik Menu Data Isian Akreditasi atau DIA yang ada disamping kiri untuk memulai proses penginputan isian akreditasi.
  12. Terdapat beberapa sajian pada isian pengakuan diantaranya: Pernyataan Kepala Sekolah/Madrasah, Pemutakhiran data, Prasyarat Akreditasi, Data Isian Akreditasi, dan Kartu Kendali.
  13. Langkah awal pengisian DIA klik sajian Pernyataan Kepala Sekolah.
  14. Klik tombol unduh format, apabila belum mempunyai format pernyataan kepala sekolah/madrasah, kemudian Save (Simpan). Isilah format pernyataan kepala sekolah yang telah diUnduh.
  15. Setelah format tersebut diisi, ditandatangan dan distempel, selanjutnya discan/dipindai dan dimasukan ke dalam Sispena-S/M dengan mengklik Tombol Choose File (Pilih File) kemudian tekan tombol Simpan.
  16. Apabila file sudah terkirim ke dalam sistem, maka akan muncul tombol sudah terunggah, 
  17. Tombol sudah terunggah akan menunduh file yang telah kita masukkan ke dalam sistem. Apabila file tersebut ingin diperbaharui atau diganti maka klik kembali Choose File untuk menentukan file. 
  18. Apabila telah selesai klik sajian Pemukhtahiran Data pada susunan sajian DIA yang ada di Sispena-S/M. Ketika kita mengklik sajian Pemutakhiran Data akan muncul submenu ibarat siswa, mata pelajaran, guru tenaga kependidikan, sarana dan prasarana.
  19. Sebagai catatan penting dan untuk diketahui bersama, pemutakhiran data yaitu proses untuk mengambil data sekolah/madrasah yang bersangkutan dari data dapodik melalui PDSPK Kemdikbud untuk Sekolah dan EMIS Kemenag untuk Madrasah. Data tersebut dipakai sebagai data rujukan penginputan isian pengakuan pada Sispena-S/M.
  20. Klik sajian Siswa untuk mendapat data siswa sekolah dari dapodik/EMIS.
  21. Akan muncul jendela yang berisi sajian pengambilan data dan daftar yang masih kosong. Selanjutnya klik Tombol Ambil data Dapodik/EMIS. Proses Ambil data Dapodik/EMIS siswa akan pribadi dilakukan, dan apabila berhasil maka akan muncul data Rombongan Belajar dan Siswa serta tingkatnya 
  22. Lakukan hal yang sama pada sajian selanjutnya.
  23. Klik sajian Mata Pelajaran untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk rujukan ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
  24. Klik sajian Guru Tenga Kependidikan untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk rujukan ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
  25. Klik sajian Sarana untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk rujukan ke Sispena-S/M. Lalu klik tombol Ambil data Dapodik/EMIS.
  26. Klik sajian Prasarana untuk mengambil data dari dapodik/EMIS untuk rujukan ke Sispena-S/M. Lalu klik tombbol Ambil data Dapodik/EMIS.
  27. Untuk langkah selanjutnya klik Lanjut Prasyarat pada sajian yang terdapat di jendela Pemutakhiran data atau sanggup mengklik Prasyarat Akreditasi pada sajian yang terdapat di Data Isian Akreditasi (DIA).
  28. Akan muncul jendela form prasyarat akreditasi
  29. Dalam form prasayarat pengakuan terlihat data yang diambil dari dapodik/EMIS langsung. Seperti surat ijin operasional, Daftar Siswa, Data PTK serta data Sarana dan Prasarana
  30. Klik Lihat Tabel Data untuk melihat data yang ada.
  31. Untuk Prasyarat Pernyataan Pemberlakuan Kurikulum berbeda  dengan prasyarat lainnya. Data diunggah oleh sekolah maksimal berkapasitas 1 Mb dengan Format PDF.
  32. Klik tombol kirim, dan apabila data masuk maka akan muncul tombol sudah terunggah di samping kanan Form. 
  33. Klik sudah terunggah apabila ingin melihat hasil yang sudah diunggah.
  34. Untuk mengubah atau mengedit kembali data atau dokumen yang sudah ada, klik Chosee File kemudian cari dokumen yang akan mengganti file atau dokumen yang sudah ada.
  35. Selanjutnya Sekolah/Madrasah mengisi Data Isian Akreditasi dengan mengklik sajian data isian akreditasi.
  36. Akan muncul format pengisian instrumen. Pada sajian di samping kiri akan terlihat sajian 8 standar dengan masing masing penomoran instrumennya. Nomor itu merupakan link untuk nomor urut instrumen.
  37. Sebelah kanan atas yaitu instrumen yang sedang aktif. Pengisian nilai untuk instrumen ini menurut Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung (IPDIP) yang terdapat di bawahnya.
  38. Pengisian form IPDIP sebagian besar data referensinya bersumber dari Dapodik/EMIS. Seperti teladan butir 1 di bawah ini, nama guru diambil dari dapodik/EMIS melalui sajian Pemutakhiran data.
  39. Sekolah mengisi form yang disediakan menurut rujukan tersebut dan selanjutnya klik tombol simpan untuk memproses hasil.
  40. Penilaian instrumen (Jawaban A hingga dengan E) akan otomatis terisi sesuai dengan inputan yang kita masukkan di form IPDIP.
  41. Jenis inputan IPDIP sangat bermacam-macam pada setiap standar yang ada, bukan hanya format Ya dan Tidak, tetapi ada banyak format lainnya sesuai dengan instrumen yang ditanyakan.
  42. Untuk memahami setiap pengisian inputan DIA klik tombol petunjuk teknis pada setiap instrumen yang terdapat di kanan atas.
  43. Akan muncul petunjuk terang ketentuan dan tata jadwal penginputan IPDIP serta perhitungannya.
  44. Apabila instrumen telah terisi maka nomor butir yang ada di sebelah kiri akan otomatis berwarna hijau sebagai penanda sudah dinilai. 
  45. Penilaian sanggup dilakukan secara acak atau melompat dari satu standar ke standar lainnya.
  46. Data penilaian yang sudah dilakukan akan tersimpan secara otomatis apabila admin sekolah keluar dari sistem dan akan melanjutkan nantinya. Dan hal ini juga mengantisipasi apabila terjadi insiden ibarat mati lampu atau putusnya jaringan internet saat proses penilaian.
  47. Proses penilaian akan dianggap selesai apabila semua butir sudah dinilai dan muncul tombol Simpan di bab paling bawah.
  48. Apabila sudah yakin dengan isian anda, klik tombol Simpan. Setelah menekan tombol Ok, maka pengisian DIA telah selesai dan sanggup pribadi melihat hasil penilaian yang telah dilakukan dengan cara mengklik tombol Lihat hasil penilaian .
  49. Pada jendela hasil penilaian akan muncul nilai pada setiap standar, nilai final dan peringkat.
  50. Pada tabel penilaian ini juga diperlihatkan warna yang berbeda yaitu warna merah apabila nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, yaitu: 1) nilai final kurang dari 71; 2) nilai standar sarana dan prasarana kurang dari 61; dan 3) Salah satu standar nilainya kurang dari 50.
  51. Admin sekolah sanggup mengedit atau mengubah Data Isian Akreditasi Sekolah/Madrasah dengan menekan tombol sajian Edit DIA. 
  52. Untuk mengedit atau mengubah nilai langkah-langkahnya sama ibarat mengisi DIA sebelumnya.
  53. Edit data oleh sekolah/madrasah tidak akan sanggup dilakukan sehabis BAP-S/M melaksanakan Audit Dokumen dan Penetapan Kelayakanuntuk divisitasi. Jadwal Audit Dokumen dan Penetapan Kelayakan ditentukan oleh BAP-S/M masing-masing provinsi. 
  54. Jika ingin mencetak hasil penilaian penilaian diri klik tombol Print format laporan individu.
  55. Akan muncul jendela untuk cetak dokumen, tekan tombol Print Jika sudah yakin dengan tampilan yang ada, atau klik More Setting untuk mengatur margin, ukuran kertas, menghilangkan header atau memberi warna pada tabel. 
  56. Atur setting yang ada untuk mendapat posisi cetak yang baik. Jika telah selesai klik PRINT.
  57. Langkah terakhir dan sangat Penting....!! Sekolah harus menginput kartu kendali sehabis proses visitasi pengakuan oleh asesor selesai dilaksanakan.
  58. Akan muncul form yang harus diisi oleh sekolah. Tanggal Mulai visitasi beserta jam mulai dan berakhir, serta tanggal dan jam selesai visitasi.
  59. Klik Simpan sehabis sekolah mengisi seluruh isian dalam format kartu kendali.
  60. Perlu di ingat, akan ada peringatan sebelum anda menyatakan Ok, bahwa isian kartu kendali ini hanya sekali dan tidak sanggup di edit kembali, maka pastikan data yang dikirim sudah benar.
  61. Untuk mencetak kartu kendali, klik tombol Cetak, kemudian kartu kendali di tanda tangani oleh kepala sekolah/madrasah dan distempel.
  62. Selanjutnya Kartu Kendali discan/dipindai atau diphoto kemudian diunggah ke Sispena-S/M dengan mengklik Choose File, kemudian pilih file hasil scan/photo kartu kendali, selanjutnya klik tombol Simpan.
  63. Sekolah/madrasah akan diberi peringatan oleh sistem dan BAP-S/M apabila belum mengisi format kartu kendali hingga waktu yang ditentukan.
  64. Untuk mengubah kembali biodata atau profile Sekolah/Madrasah serta mengubah Foto Profile sanggup mengklik sajian yang terdapat di sebelah kanan atas.
  65. Form Edit Profile sekolah/madrasah, Klik Submit untuk menyelesaikan.
  66. Jika memakai smartphone sanggup secara pribadi mengganti dengan menentukan foto di file penyimpanan atau memfoto secara pribadi memakai kamera.
  67. Selanjutnya Ubah Password standar anda dengan yang baru.
  68. Masukkan password usang anda, kemudian masukkan password yang gres kemudian konfirmasi ulang.
  69. Jangan lupa untuk menentukan sajian Logout apabila anda telah selesai memakai Sistem Aplikasi ini.
  70. Selamat Menggunakan.... Salam Akreditasi Berkualitas.

Itulah klarifikasi singkat mengenai Panduan Pengisian Sispena S/M Untuk Sekolah Tahun 2018 Terbaru. Silahkan lebih jelasnya unduh pada link di bawah ini :

Belum ada Komentar untuk "✔ Unduh Panduan Pengisian Sispena S/M Untuk Sekolah Tahun 2018 Format Pdf"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel