✔ Buku Panduan Debat Bahasa Inggris Cendekia
Buku Panduan Debat Bahasa Inggris Cendekia
PENGERTIAN DEBAT
1). Definisi
Debat yakni kegiatan tubruk argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok, dalam mendiskusikan dan tetapkan duduk masalah dan perbedaan
2). Hakikat Debat
Banyak orang yang salah kaprah mengenai debat. Debat bukanlah bagaimana anda sanggup mematahkan statement dari lawan anda. Hal itu hanya merupakan sebagian kecil dari debat. Debat yang bahwasanya yakni bagaimana cara kita (debater) untuk membuat orang lain (juri) terpengaruh dan sepakat dengan argumen apa yang kita sampaikan. Ketika kita ingin tahu seseorang merupakan debater yang baik atau tidak, kita harus melihat bagaimana caranya beliau untuk mempersuasi orang lain dan juga meyakini bahwa apa yang dikatakannya yakni benar, bukan membuktikan bahwa apa kata lawannya salah. Karena dengan meyakini orang lain bahwa argumen kita yakni benar, maka secara eksklusif kita telah mematahkan argumen dari lawan kita.
3). Metode
Agar debat efektif, terdapat metoda terbaik yang perlu diterapkan di dalam debat, yaitu teknik Logika dan Dialektika. Untuk memakai teknik Logika, diharapkan pemahaman dan keterampilan di dalam memakai ilmu logika.Untuk memakai dialektika, diharapkan pemahaman dan keterampilan di dalam teknik bertanya.dalam hal ini, debat dilakukan dengan cara menentukan Penanya (T) dan penjawab (T). dan sanggup dilakukan saling bergantian.
A. PRESENTING ARGUMENT
1) Beginning/Cara Memulai Debat
I would like to begin by.....
Saya akan memulai dengan.....
There are three points I’d like to make....
Ada tiga hal yang akan saya kemukakan......
The most important points seem to me is...
Hal yang paling penting bagi saya adalah.......
2) Ordering/ Cara Mengurutkan
First Of All, We Must Bear In Mind
Yang pertama kita harus mengingat.....
To Beging With........
Pertama kalinya......
The First Is........The Second Is.....The Third Is ...... Finally...
Yg pertama....... yg kedua............... yg ketiga................akhirnya....
3) Adding/ Cara Menambahkan
Besides that...
Disamping itu......
The Other of That
Selain dari itu...
A little bit of people said..
Hanya sebagian kecil orang-orang bilang.....
As long as.................it’s okey...
Selama .......................itu tdk apa-apa.
Not only.................but also.....
Tidak hanya......tetapi juga..........
To get furthermore imformation.....
Untuk mendapat info lebih lanjut.........
Moreover....
Apalagi/Malahan
On the other hand...
Tapi sebaliknya...
4) Giving An Example/Cara Memberi Contoh
Let me give an example.....
Ijinkan saya memperlihatkan contoh.......
Such like when we are going to..................
Seperti ketika kita akan .............
To ilustrate this motion let’s consider........../Imagine
Untuk memperjelas duduk masalah ini, coba kita cermati....../Bayangkan.......
To clarificate this motion today.......
Untuk memperjelas maslah hari ini.........
The case we are talking to day is.......................Not ...
Masalah yg kita bahas ketika ini adalah................... Bukan......
You are had get out of what we are talking about...
Anda kelaur dari pembahasan yg kita bahas....
5) Balancing Argument/ Cara Menyeimbangkan Argument lawan
Of course On the other hand............but in other side.
Memang sih Disisi ini.......................tetapi disisi yang lain.....
Although you...................but we must not forget.........
Walaupun anda.................tetapi kita tidak semestinya melupakan......
Therefore.......................we have to remember....
Oleh karna itu............. Kita harus inggat.......
Despite tyhe fact said that........but we are from affirmative team..
Walaupun faktanya mengatakna bahwa...........tetapi kami dari
affirmative..
6) Stating Preferences/ Cara Menyatakan Kecenderungan
I more agree if..................than.......
Saya lebih sepakat jika...................daripada...
I’d rather ..............than
Saya lebih suka.........daripada.....
I tend to favour..........as apposed to
Saya lebih cenderung meyetujui........dibandingkan dengan........
7) Concluding/ Cara Menyimpulkan Debate
So, the conclusion is................................thank you, I back to post.
Jadi, kesimpulanya adalah..................terimakasih, saya kembali ke
tempat..
The conclusion is we are from negative team, Do not agree of this motion.
Kesimpulanya yakni kami dari negativ sangat tdk sepakat dan
masalah ini,
I would like to conclude by saying that...
Saya inggin meyimpulkan dengan menyampaikan bahwa.........
So ladies and gentlement, the conclusion is,, I absolutly disagrre of this motion , I stand on my argument. thanks.
Jadi Bpk/Ibu kesimpulanya adalah, saya secara mutlak tdk setuju,
dan saya tetap pada penderian saya,, terimakasih.
8) Commenting Rebuttle/ Cara Menyanggah Pendapat Lawan
Before I come to my argument, I wannna rebuttle,, what the First/Second/Third speaker said just now........
Sebelum saya mengajukan argumen, saya mau meyanggah apa yg di
katakan pembicara pertama/kedua/ketiga katakan tadi........
Before goes to argument. I must rebute,, what you have been saying already.
Sebelum ke argumen saya harus meyanggah apa kau katakan tadi itu..
Before we go to further... Can I point out......
Sebelum kita lebih jauh lagi.... boleh saya menjelaskan.......
Before we are going to the next one... I should clarificate this motion......
Sebelum kita lanjut.........saya harus memperjelas duduk masalah ini.......
9) Back To Point/ Kembali Ke Pembahasan
As my patner said just now........that..
Seperti sobat saya katakan tadi ...bahwa..
As I was saying...
Seperti yg saya katakan tadi...........
Coming back to what my patner have been saying just now.....
Kembali ke apa yg telah dikatakan sobat saya tadi...
According to data statistic in 2013........its so clear endanger the....
Menurut data statistik tahun 2013..... Itu terperinci membahayakan para....
B. AGREEING AND DISAGREEING
1) Strong Agreement/Persetujuan Yang Kuat
I completely agree.........with
Saya sangat setuju.......dengan
I am in total agreement.........if...
Saya benar benar setuju.........jika....
We Absolutly Agree About This Motion
Kami Sangat Setuju Dengan Mosi Ini
We Strongly Do Agrre Of This Motion (Sebut Motionnya)
Kami secara berpengaruh sangat sepakat dengan mosi.....
2) Strong Disagreemet/ Ungkapan Tdk Setuju Yang Kuat
We totally disagree with you....
Kami Sangat Tidak Setuju Dengan Kalian
We don’t agree at all..
Kami Sangat Tdk Setuju Sama Sekali
You Are Copletely Mistaken
Anda benar benar salah..
We are from affirmative team,, absolutly disagree about this motion
Kami dari tim affrimatip,, wajib mutlak tdk sepakat terhadap maslah
ini..
3) Clarificating Misunderstanding/ Memperjelas Kesalahfahaman Lawan
I have to clarificate this, you know what? we are talking about...........not talking about.............I think you at cross purposes the motion.
Saya mesti memperjelas ini, anda tau? kita membahas tentang...............bukan tentang........saya rasa anda menyimpang dari masalah ini.
With respect, that is not what I said.
Dengan hormat , itu bukanlah yang saya maksud.
4) Asking For POI/Bertanya Atas Maksud Lawan
POI guys, i’m sorry I didn’t quite follow what said about..........
Intruksi mas/mbak,, saya tdk begitu memahami yg anda katakan
mengenai......
POI !.. could you give us some detail about........
Intruksi ! Bisakah kau memperlihatkan penjelasan-penjelasan detail
tentang..........................
POI !,, what you mean of............................could you be a little bit axcample precise?
Intruksi,,! Apa yang anda maksud dgn................bisakah kau memberi
contoh lebih terperinci lagi?
POI guys, I wonder if you could to give us the real resources of...................
Intruksi mas/mbak,,! Sudikah anda kalau memperlihatkan kami tentang
sumber yang terperinci mengenai.................
POI guys, could you showing the some proofs of...................
Intruksi mas/mbak,,! Bisakah kau memperlihatkan bukti2 mengenai........
PEDOMAN DEBAT
FORMAT DEBAT PARLEMEN AUSTRALIA
1. Tujuan Debat
1. Meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi bahasa Inggris
2. Memperbaiki kemampuan siswa dalam memberikan pendapat, pandangan dan persepsi mereka terhadap banyak sekali hal
3. Mengarahkan siswa supaya menjadi lebih kritis, berpikir analitis dan konstruktif
4. Mengarahkan siswa supaya bisa bertindak sportif
2. Gambaran Umum
Format debat ini diadopsi dari format debat yang ada di dewan legislatif Australia. Berikut abstraksinya :
1. Pihak pertama (Tim Afirmatif) mengajukan sebuah ajuan kepada parlemen
2. Pihak oposisi (Tim Negatif) menyanggah ajuan tersebut
3. Masing-masing pihak berusaha meyakinkan Parlemen (Adjudicator) bahwa usulannya yang patut diterima
4. Masing-masing pihak mendapat alokasi waktu yang setara untuk mengemukakan pandangannya secara bergantian
5. Parlemen (Adjudicartor) melaksanakan pengambilan bunyi (voting) untuk memeutuskan usuan mana yang diterim
3. Pelaku
1. Debat dipimpin oleh seorang ketua sidang (Chairperson)
2. Tim Afirmatif beranggotakan 3 orang
3. Tim Negatif beranggotakan 3 orang
4. Ketua sidang didampingi oleh seorang pencatat waktu (Time Keeper)
5. Tim juri (Adjudicator) dengan jumlah minimal 3 orang dan harus ganjil
4. Skema Format Debat Australia
| |||||||
5. Tugas masing-Masing Tim
A. Tim Afirmatif (dikenal sebagai pihak pemerintah)
1. Mendifinisikan topik (motion) yang diajukan
2. Memberikan argumentasi yang mendukung
B. Tim negatif (dikenal sebagai pihak oposisi)
1. Menyanggah topik (motion) yang didefinisikan oleh Tim Afirmatif
2. Membangun masalah yang melawan argumentasi Tim Afirmatif
3. Bila Tim Negatif memandang bahwa definisi yang diajukan oleh Tim Afirmatif tidak sah, Tim Negatif sanggup mengajukan keberatan dan mengajukan definisi baru. Namun dalam hal ini tidak sanggup dilakukan semata-mata lantaran Tim Negatif berpandangan bahwa definisinya sendiri yang lebih hebat.
C. Ketua Sidang (Chairperson)
1) Membuka debat
2) Memperkenalkan masing-masing pembicara dari kedua Tim
3) Mengumpulkan dan menyidik keabsahan evaluasi Tim Juri ( Adjudicator)
4) Menghitung bunyi anggota Tim Juri ( Adjudicator) dan menyimpulkan pemenangnya
5) Mempersilahkan Tim Juri ( Adjudicator) mengadakan penjurian oral (oral adjudication)
6) Mengumumkan pemenang
7) Menutup
D. Pencatat Waktu (Time Keeper)
1) Mengamati waktu yang diberikan untuk masing-masing pembicara
2) Memberikan isyarat ketukan satu kali pada dua menit sebelum waktu seorang pembicara habis.
3) Memberikan ketukan dua kali sesudah waktu bicara habis
4) Memberikan ketukan lebih dari tiga kali (continous knock) sesudah dua detik dari waktu
bicara habis bila pembicara masih meneruskan pidatonya
5) Mencatat dan mengumumkan waktu yang dihabiskan pembicara kepada pemirsa.
6. URUTAN BERBICARA
Pidato Utama (Substantial Speech) | Pembicara Pertama Tim Afirmatif (A1) Pembicara Pertama Tim Negatif (N1) Pembicara Kedua Tim Afirmatif (A2) Pembicara Kedua Tim Negatif (N2) Pembicara Ketiga Tim Afirmatif (A3) Pembicara Ketiga Tim Negatif (N3) | 5 menit |
Pidato Balasan | Balasan Tim Negatif (repley speaker) Balasan Tim Afirmatif (repley speaker) | 3 menit |
BAB II
PERIHAL ISI DEBAT
1. Motion (Topik)
Motion yakni sebuah pernyataan ajuan yang akan diperdebatkan. Tim Afirmatif akan memperlihatkan argumentasi untuk mempertahankan usulan/motion tersebut. Sebaliknya, Tim Negatif harus memperlihatkan argumentasi untuk menolak ajuan tersebut.
2. Definisi
Tim Afirmatif harus mendefinisikan motion yang diajukan dengan :
· Memberikan citra yag terperinci dan lugas mengenai motion yang dibicarakan
· Membatasi lingkup pembicaraan dengan tetapkan batas yang jelas
Hal ini untuk mencegah perdebatan yang tidak terperinci lantaran adanya
perbedaan persepsi pada kedua belah pihak mengenai topik yang
dibicarakan.
Beberapa pola penyusunan definisi :
Motion : Bahwa sesuatu yang pernah naik harus pula turun
1. Tim Afirmatif mempunyai banyak sekali kemungkinan mendifinisikan motion tersebut, lantaran motion yang diajukan tersebut bersifat abstrak.
2. Tim Afirmatif bisa saja mendefinisikan ‘sesuatu’ sebagai presiden Republik Indonesia
3. Dengan demikian motion itu mengandung inti bahwa siapa saja yang ‘naik’ (menerima kekuasaan) sebagai presiden RI suatu waktu harus ‘turun’ (menyerahkan kembali kekuasaannya).
4. Oleh lantaran itu jabatan yang diajukan yakni : ‘Bahwa jabatan kepresidenan RI harus dibatasi sebanyak 2 periode’.
5. Tim Afirmatif kemudian harus mengajukan argumentasi mengenai kerusakan yang terjadi bila masa kepresidenan tidak dibatasi serta memperlihatkan bukti-bukti pendukung, contohnya : kontrol pada semua bidang selama pemerintahan rezim yang lalu, dll.
Contoh diatas memperlihatkan bahwa pada umumnya permasalahan yang
diperdebatkan tidak diketahui hingga Tim Afirmatif menyajikan
definisinya.
Panduan Dalam Menyusun Definisi :
1. Harus sanggup diperdebatkan (misalnya : mempunyai dua sisi yang bertentangan).
2. Tidak boleh menyimpang dari topik yang diajukan.
Definisi yang harus diperdebatkan oleh Tim Negatif :
a. Definisi Truistik
Terjadi bila tim mendefinisikan sebuah motion secara harfiah dan hakiki sehingga tidak sanggup diperdebatkan
b. DefinisiTautologis (Berputar)
Terjadi bila disusun sedemikian rupa sehingga mustahil secara logis sanggup ditegaskan.
c. Squirelling
Terjadi bila definisi tidak sesuai dengan motion atau tidak mempunyai kaitan yang logis dengan motion.
3. Pembatasan Ruang dan Waktu
Pokok permasalahan yang diperdebatkan tidak sanggup dibatasi pada periode, waktu dan daerah tertentu.
4. Catatan mengenai tantangan terhadap suatu definisi
a. Menantang catatan yang diberikan Tim Afirmatif hanya sanggup dilakukan
bila anda merasa niscaya bahwa definisi tersebut tidak fair.
b. Lebih baik Tim Negatif meninggalkan masalah yang sudah dipersiapkan
dan menghadapi Tim Afirmatif berdasarkan definisi yang mereka buat
daripada menantang mereka tanpa dasar dan alasan yang kuat.
5. Themeline (Benang Merah Argumentasi)
Ø Themeline yakni pikiran utama yang mengaitkan pembicara pertama, kedua, dan ketiga sehingga terdapat konsistensi
Ø Sebuah tim harus mempunyai benang merah argumentasi yang merupakan alur pikir logis mengenai motion yang diperdebatkan.
Ø Benang merah argumentasi memperlihatkan mengapa usulan/pandangan tim tersebut benar dan logis.
6. Argumentasi
Argumentasi yakni proses menjelaskan mengapa sudut pandang tim tersebut harus diterima. Argumentasi bukan opini, karenanya harus didukung oleh bukti-bukti
(contoh : fakta, statistik, kutipan pakar, pandangan masyarakaty, dll) yang relevan
Argumentasi yang baik :
a) Relevan
b) Tersusun dengan baik
c) Konsisten dan logis secara internal (Argumen seorang pembicara dihentikan kontradiktif dengan argumen pembicara lainnya)
d) Jelas, lantaran sebuah tim pada dasarnya sedang berusaha untuk meyakinkan orang lain bahwa argumentasinya benar.
e) Menggunakan bukti-bukti secara efektif.
Berikut ini panduan untuk menyusun argumentasi yang baik :
a) Sedapat mungkin berikan konfirmasi mengenai fakta yang disampaikan
b) Bahas permasalahan dari semua sudut pandang
c) Argumentasi dari penguasa bobotnya tidak besar lantaran penguasa sering membuat kesalahan.
d) Persiapkan lebih dari satu kasus. Dalam menyusun definisi, pikirkan banyak sekali cara pe definisian. Kemudian bangkit argumentasi yang sanggup dipakai untuk menyanggah masalah tersebut satu persatu.
e) Jangan terpaku pada satu masalah lantaran itu yakni hasil aliran anda pribadi.
f) Kuantifikasi. Argumentasi menjadi lebih berpengaruh bila dilengkapi dengan data kuantitatif.
7. Rebutal (Sanggahan)
Menyanggah yakni proses untuk membuktikan bahwa bobot argumentasi tim lawan lebih rendah daripada yang mereka katakan. Termasuk didalamnya :
1. Menunjukkan bahwa argumen lawan didasarkan pada fakta yang salah, atau interpretasi yang salah mengenai suatu fakta.
2. Menunjukkan bahwa argumen lawan tidak relevan dengan upaya pembuktian motion.
3. Menunjukkan bahwa argumen lawan tidak logis.
4. Menunjukkan bahwa meskipun argumen lawan benar namun implikasinya tidak sanggup diterima.
5. Menunjukkan bahwa meskipun argumen lawan benar namun bobotnya tidak terlalu besar.
Seperti argumen sanggahan juga bukan opini semata. Seperti keharusan tim harus menjelaskan mengapa dan bagaimana keabsahan argumennya, mereka juga harus menunjukkan bagaimana dan mengapa argumen lawan dipandang tidak sah.
Berikut ini beberapa panduan menyusun rebutal (sanggahan) :
1. Sebuah argumen lawan sanggup saja salah lantaran fakta dan logikanya. Carilah penjelasannya, bagaimana itu terjadi dan mengapa itu terjadi.
2. Sebuah argumen sanggup pula kontradiktif dengan argumen pembicara lain dari tim tersebut, atau merupakan pengulangan dari pembicara lain. Maka tunjukkan hal tersebut. Kemampuan anda dalam mencermati pembicaraan tim lawan, dan kemampuan anda untuk mendengarkan sangat berperan.
3. Sebuah argumen bisa saja benar tetapi tidak relevan. Cermatilah pembicaraan tim lawan. Sekiranya hal itu tidak ada relevansinya berdasarkan pandangan anda tunjukkan apanya yang tidak relevan dengan apa dan mengapa, serta bagaimana bisa tidak relevan.
BAB III
PEMBAGIAN KERJA TIM
Debat yakni kerja tim, oleh lantaran itu seharusnya ada pembagian kerja yang terperinci antara ketiga pembicara. Sehingga argumen-argumen yang diajukan penyampaiannya dibagi kepada ketiga pembicara atau dengan pengertian lain, pembagian kiprah yakni pendistribusian argumen kepada masing-masing pembicara.
Pembicara Pertama
. Pembicara Pertama Tim Afirmative
- Menyampaikan dan Mendefinisikan motion ( latar belakang terkait informasi aktual)
- Menyampaikan benang merah argumentasi Tim Afirmatif ( theme line)
- Memaparkan pembagian kerja tim
- Menyampaikan argumen pertama
- Menyampaikan ringkasan dari pidatonya
. Pembicara Pertama Tim Negatif
- Menanggapi definisi yang disampaikan Tim Afirmatif (Menerima atau menentang)
- Menyanggah lawan
- Menyampaikan benang merah argumentasi Tim sendiri
- Memaparkan pembagian kerja Tim sendiri
- Menyampaikan argumen utama
- Menyampaikan ringkasan dari pidatonya
Pembicara kedua
Pemb. kedua berperan menyajikan argumen pokok untuk memenangkan debat
. Pembicara Kedua Tim Afirmatif
Menyanggah argumen utama tim lawan
Menglirifikasi lagi argument tim sendiri
Menyampaikan argument utama
Menyampaikan ringkasan dari pidatonya (kesimpulan )
. Pembicara Kedua Tim Negatif
Menyanggah argument pokok tim lawan
Menegakkan argumen tim sobat (supporting )
Menyampaikan ringkasan ( kesimpulan ).
Pembicara Ketiga
Tugas utama pembicara ketiga yakni menyanggah lawan
. Pembicara Ketiga Tim Afirmatif
Menanggapi dan menyanggah second speaker (lawan )
Mempertegas sanggahan yang disampaikan oleh tim sendiri
Menegaskan / mengklarifikasi kembali argumentasi Tim sendiri (speaker 1 dan 2)
Meringkas pokok-pokok permasalahan yang diperdebatkan.
Memberikan pola dan bukti-bukti
Menyimpulkan apa yg telah di sampaikan
. Pembicara Ketiga Tim Negatif
Menyanggah argumentasi ketiga pembicara Tim lawan
Menegaskan kembali argumentasi Tim sendiri dengan mengulas secara selintas benang merah ( theme line )
Meringkas pokok-pokok permasalahan dan memperlihatkan contoh
Tidak boleh menyajikan pokok permasalahan.
Reply Speaker (Pidato Balasan)
Pidato jawaban merupakan pidato penutupan masing-masing tim yang memperlihatkan ulasan mengenai keseluruhan debat.
Berikut ini panduan untuk menyusun pidato jawaban :
Ø Menegaskan pokok-pokok utama argumen tim sendiri (overview)
Ø Menunjukkan kaitan logis dari argumen tersebut menuju pembuktian benang merahTim sendiri (kelebihan dan kekurangan )
Ø Menunjukkan secara lugas kekurangan dari argumentasi tim lawan. Hal ini dapat dilakukan secara umum maupun secara rinci.
Ø Pembicara dihentikan menyajikan pokok permasalahan baru, dan dihentikan juga melaksanakan penyanggahan terhadap pokok-pokok yang disampaikan dalam pidato.
Ø Menekankah bahwa argument tim sendiri lebih anggun dan berhak untuk menang berdasarkan kelebihan tim,
Note : Reply speaker dihentikan meributle,hal-hal atupun pola baru..
“SYSTEM-SYSTEM DALAM DEBAT BAHASA INGGRIS”
BPS = BRITISH PARLEMENTARY SYSTEM
APS = AUSTRALIAN PARLEMENTARY SYSTEM
AAPS = AUST-ASIA PARLEMENTARY SYSTEM
BPS Biasa di gunakan di level universitas
APS Biasa di gunakan di level SLTA
AAPS Biasa di gunakan di level SLTA
AAPS
AFFIRMATIVE TEAM OPPOSITE TEAM
FIRST Repley |
Repley |
“Adjudicator Sheep” Matter (Content) 40% Manner (Style) 40% Method (Strategy) 20% |
” The Thing in Debate” Motion Background Definition Time split (kompromi) Argument Closing rebuttle |
SISTEM DEBAT ASIAN PARLEMENTARY
Mosi yakni topik atau judul perdebatan yang akan diargumentasikan.
B. Tim
Dalam sistem dewan legislatif asia, terdapat 2 tim yang saling berlawanan dalam satu pertandingan yang masing-masing terdiri dari 3 pembicara
C. Waktu Pidato
Setiap pembicara disediakan waktu 7 menit 20 detik untuk memperlihatkan pidato. Satu orang dari setiap pihak PRO dan KONTRA diberikan waktu 4 menit untuk memperlihatkan sebuah pidato jawaban (reply speech). Tugas pembicara yang memberikan pidato jawaban yakni memberikan pidato dengan memakai sudut pandang juri, mengapa timnya harus menang.
D. Kriteria Penjurian
Sistem ini dinilai oleh sebuah panel juri yang beranggotakan 3 orang (direkomendasikan) atau lebih berdasarkan criteria berikut:
1. Matter (40) – Mengenai substansi debat, argument dan bukti-bukti yang
disajikan, budi budi logis, dan penyampaian argument.
3. Manner (40)–Gaya penyampaian pidato, keahlian persuasi, dan
tindakan peserta
4. Method (20)–Respon yang dinamik dari debat dan kesesuaian dari
prinsip-prinsip debat
E. Ada Dua Tim yang bertanding :
Setiap tim terdiri dari 3 orang, sebagai berikut :
Tim Affirmative :
1. Pembicara pertama, membuka debat, mendefinisikan mosi, dan
memaparkan argument
2. Pembicara kedua, menyanggah pembicara pertama dari tim negative,
menguatkan argument
pembicara pertama tim positif dan memaparkan argument
3. Pembicara ketiga, menjawab sanggahan dari tim negative dan
merangkum argument-argumen tim positif
Tim Opposite:
1. Pembicara pertama, merespon argument dari pembicara pertama tim
positif, memaparkan argument. Boleh menolak definisi kalau definisi yang dijelaskan tim positif tidak masuk akal.
2. Pembicara kedua, menyanggah pembicara kedua dari tim positif,
menguatkan argument pembicara pertama tim negatif dan memaparkan argument
3. Pembicara ketiga, menjawab sanggahan dari tim positif dan
merangkum argument-argumen tim negatif
Alokasi Waktu
Setiap pembicara diberi waktu rata-rata 5 -7 menit untuk memberikan argumennya. Satu pembicara dari masing-masing tim (pembicara pertama atau kedua) diberi tiga menit untuk memberikan reply speech.
BAB IV
TEKNIK MERUMUSKAN SEBUAH KASUS
1. Teknik merumuskan kasus
Perumusan masalah yakni proses mempersiapkan sebuah masalah untuk
diperdebatkan. Kasus yakni kumpulan argumentasi, logika, fakta-fakta,
contoh-contoh, dan pernyataan-pernyataanyang dipakai untuk
membuktikan suatu hal.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan sebuah masalah :
1. Mendifinisikan suatu motion.
2. Mempersiapkan landasan argumen.
3. Memberi kiprah kepada tiap pembicara mengenai argumen yang akan mereka bawakan dan sekaligus untuk membuktikan suatu motion dalam debat.
4. Menemukan dan menganalisa argumen, fakta, contoh-contoh, dan lain-lain. Baik untuk mendukung masalah timnya ataupun untuk menyanggah masalah lawan.
5. Mempersiapkan pidato individu.
Contoh-contoh Teks Debat dalam dan Artinya
.
THW Believe That Cell Phone Dangerous
Speaker 1 positive team:
I believe that the use of mobile phones is very dangerous because the cell phone can cause some problems and threats human life. Those threats are: mobile phones are harmful for the safety of its users and social and family life.
Artinya
Saya percaya bahwa penggunaan ponsel sangat berbahaya lantaran ponsel sanggup menjadikan beberapa duduk masalah dan ancaman bagi kehidupan manusia. Ancaman tersebut adalah: ponsel berbahaya bagi keselamatan pengguna dan kehidupan sosial dan keluarga.
Speaker 1 negative team:
I do not agree that the use of mobile phones is very dangerous. But instead the cell phone is very useful for human life. I think cell phone users who do not have responsibility that causes the phone can endanger their own lives and others.
Artinya
Saya tidak sepakat bahwa penggunaan ponsel sangat berbahaya.Namun, sebaliknya ponsel sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Menurut saya pengguna ponsel yang tidak bertanggung jawablah yang menjadikan ponsel sanggup membahayakan kehidupan mereka sendiri dan orang lain.
Speaker 2 positive team:
No I don’t agree with you. I think cell phone that endangers the users. We can see nowadays, cell phone is not only used by adults but almost every age have been using cell phones. Even children who are still in school in kindergarten were already using the phone. These under age users are the one that is very vulnerable to accept the impact of hazards from mobile phones. We can see lot accidents happening in highway caused by cell phone are from teenager. They are as if addicted to checking their phones anywhere, including on the highway while they’re driving. This is what causes them lose concentration and result the accident. That is why we must ban driver bring the cell phone while driving. So it will reduce the number of deaths on the highway because of the phone.
Artinya
Saya pikir ponsellah yang membahayakan penggunanya.Kita bisa melihat ketika ini, ponsel tidak hanya dipakai oleh orang remaja tapi hampir setiap umur telah memakai ponsel.Bahkan anak-anak yang masih sekolah di Taman Kanak-kanak sudah memakai ponsel.Pengguna di belum dewasa ini yakni salah satu yang sangat rentan untuk mendapatkan dampak ancaman dari ponsel.Kita bisa melihat kecelakaan banyak terjadi di jalan raya yang disebabkan oleh ponsel.Mereka seakan kecanduan menyidik ponsel mereka di mana saja, termasuk di jalan raya ketika mereka mengemudi.Inilah yang menjadikan mereka kehilangan konsentrasi dan hasilnya kecelakaan.Itulah sebabnya kita harus melarang pengemudi membawa ponsel ketika mengemudi. Sehingga akan mengurangi jumlah janjkematian di jalan raya lantaran ponsel.
Speaker 2 negative team:
If you say that cell phone endanger the users. This is not fair because there are still many people out there who can use it responsibly. Users who do not take responsibility are the trouble maker because cell phone will not operate itself; it needs someone to operate them. In the case of the car accident, the users who do not take responsibility are guilty because they operate it in the wrong time. Responding to your idea about banning the driver for carrying a cell phone is not appropriate. Precisely phones can be beneficial. For example when see accident happen on the high way, other drivers can call the police or ambulance to help him. The study also shows that cell phone is not the cause of the accident on the highway. However, activities that disrupts the concentration which caused the accident. This means not only using mobile phones, but also doing other things like makeup, combing hair or talking while driving is also dangerous.
Artinya
Jika Anda menyampaikan bahwa ponsellah yang membahayakan pengguna. Ini tidak adil lantaran masih banyak orang di luar sana yang sanggup menggunakannya secara bertanggung jawab. Pengguna yang tidak bertanggung jawab yakni pembuat duduk masalah itu lantaran ponsel tidak akan beroperasi sendiri; perlu seseorang untuk mengoperasikannya. Dalam masalah kecelakaan mobil, pengguna yang tidak bertanggung jawab yang bersalah lantaran mereka mengoperasikan ponsel di waktu yang salah.Menanggapi wangsit Anda perihal pelarangan membawa ponsel bagi pengemudi tidaklah tepat.Justru ponsel sanggup bermanfaat. Misalnya ketika melihat kecelakaan terjadi, pengemudi lain sanggup menghubungi polisi atau ambulans untuk membantunya. Penelitian juga memperlihatkan bahwa ponsel bukanlah penyebab kecelakaan di jalan raya.Namun, kegiatan yang mengganggu konsentrasilah yang menjadikan kecelakaan.Ini berarti tidak hanya memakai ponsel, tetapi juga melaksanakan hal-hal lain mirip makeup, menyisir rambut atau berbicara juga berbahaya.
Speaker 3 positive:
Not only endanger while driving, other evidence of cell phone that can be deadly is cell phone disrupts their social life and family life. Currently cell phone is the one who closest to the users. They prefer to interact with the phone rather than interact with the people around them. This causes them to be indifferent or anti-social. Good things such as greeting, smile, and ask the person they meet had been lost in their social life. They move to the use of social media that can be accessed through mobile phones to interact so that it keeps them away from the people around them. In family life, they become too individualistic. There is no thing such as a family discussion, quality time with family like eating together, joking with family and other things that can strengthen family relationships. Even today at home the whole family are busy with their own phones.
Artinya
Tidak hanya membahayakan ketika mengemudi, bukti lain dari ponsel berbahaya yakni ponsel mengganggu kehidupan sosial dan kehidupan keluarga mereka. Saat ini ponsel yakni orang yang paling terdekat dengan pengguna.Mereka lebih menentukan untuk berinteraksi dengan ponsel daripada berinteraksi dengan orang-orang di sekitar mereka.Hal ini menjadikan mereka menjadi hirau tak hirau atau anti-sosial.Hal-hal baik mirip menyapa, senyum, dan bertanya dengan orang yang gres mereka temui telah hilang di dalam kehidupan sosial mereka.Mereka pindah ke penggunaan media umum yang bisa diakses melalui ponsel untuk berinteraksi sehingga membuat mereka menjauh dari orang-orang di sekitar mereka.Dalam kehidupan keluarga, mereka menjadi terlalu individualistis.Tidak ada hal mirip diskusi keluarga, waktu berkualitas dengan keluarga mirip makan bersama, bercanda dengan keluarga dan hal-hal lain yang sanggup memperkuat hubungan keluarga.Bahkan ketika ini di rumah seluruh keluarga sibuk dengan ponsel mereka sendiri.
Speaker 3 negative:
The loss of good norms in the family is not caused by cell phone. We do not agree with what you have said. Good social life and harmony in the family depends on the personal qualities and family itself. People are not going to be indifferent if they are more concerned about their environment. Actually mobile phones can help their social relations by means of interacting tools anywhere and anytime. In family relationships, harmony can be achieved by giving more attention to others members of the family. In this case parents that should supervise their children. If they care and prioritize the family discussion, their children will not hesitate to share the problem to them. In this case the cell phone can create harmony in the family by being a tool or a link between the families. For example, by using cell phone parents know their family members’ condition wherever and whenever.
Artinya
Hilangnya norma-norma yang baik dalam keluarga tidak disebabkan oleh ponsel. Kami tidak sepakat dengan apa yang Anda katakan. Kehidupan sosial yang baik dan serasi dalam keluarga tergantung pada kualitas pribadi dan keluarga itu sendiri. Orang-orang tidak akan menjadi hirau kalau mereka lebih peduli terhadap lingkungan mereka. Sebenarnya ponsel sanggup membantu hubungan sosial mereka dengan cara menjadi alat berinteraksi di mana saja dan kapan saja. Dalam hubungan keluarga, keharmonisan sanggup dicapai dengan memperlihatkan perhatian lebih kepada anggota lain dari keluarga. Dalam hal ini orang renta yang harus mengawasi anak-anak mereka. Jika mereka peduli dan memprioritaskan diskusi keluarga, anak-anak mereka tidak akan ragu-ragu untuk mengembangkan duduk masalah mereka. Dalam hal ini ponsel sanggup membuat keharmonisan dalam keluarga dengan menjadi alat atau penghubung antara satu sama lain dalam keluarga. Misalnya, dengan memakai ponsel orang renta bisa mengetahui kondisi anggota keluarganya di mana pun dan kapan pun.
Reply Speaker negative:
Based on the arguments which we have stated, once again we strongly disagree with the statement that cell phone is very dangerous to human life. Cell phone can help by providing or informing information quickly, helping users interact with each other and control their family members wherever and whenever.
Artinya
Berdasarkan argument-argumen yang telah kita sampaikan, sekali lagi kami sangat tidak sepakat dengan pernyataan bahwa ponsel sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Ponsel sanggup membantu dengan memperlihatkan atau menginformasikan informasi dengan cepat, membantu pengguna berinteraksi satu sama lain dan mengontrol anggota keluarga mereka di mana pun dan kapan pun.
Reply Speaker positive:
Considering the arguments which we have expressed, we remain stand on our opinion that the cell phone is very dangerous to human life. Cell phones can cause accidents on the highway, disrupt social relationships and family of its users.
Artinya
Mempertimbangkan argument-argumen yang telah kami utarakan, kami tetap berdiri di atas pendapat kami bahwa ponsel sangat berbahaya bagi kehidupan manusia.Ponsel sanggup menjadikan kecelakaan di jalan raya, mengganggu hubungan sosial dan keluarga penggunanya.
Motion: THBT Sekolah Menengah kejuruan Is Better Than SMA
1st Speaker Of Affirmative team:
I strongly believe that Sekolah Menengah kejuruan is better than SMA. Sekolah Menengah kejuruan is a school in Indonesia that focusing on its major to create new freshmen that have both skills and knowlege in their majoring. Sekolah Menengan Atas is a school in Indonesia that focusing only in the knowlegde in their majoring.
So that is why Sekolah Menengah kejuruan could get more easier job by their majoring basedon its peupose and motto “SMK Bisa”. But Sekolah Menengan Atas students need to continue their study to college level to focusing on the majoring and than they could get the job by it. The implicative of Sekolah Menengah kejuruan can rechanged the new high and fastest level on education in reaching the best solution on jobless in Indonesi.
1st Speaker Of Negative team:
I don’t agree with the motion that Sekolah Menengah kejuruan is better than SMA. By seeing its quality of education Sekolah Menengan Atas has higher level on quality far from SMK. Sekolah Menengah kejuruan is a new sistem jadwal created by goverment to make a ready-freshmen worker. But in fact, the its quality is opposite to their misiion. But you can see the sistem of Sekolah Menengan Atas in Indonesia. They focus on only knowledge, but the school can create a good quality of its purpose so they take 85 person quotes in the University level.
2nd Speaker Of Affirmative team:
Rebuttle: No, i don’t agrre with you. You thought and said that both sistem is different. But then you said the its purpose was failed by seeing Sekolah Menengah kejuruan point of view. You can’t compare the persentages of the number of students that accepted in University with the persentage of freshmen woker of Sekolah Menengah kejuruan in knowledge. You must see how big the number of dreshmen from Sekolah Menengah kejuruan that being accepted to be employees in company!
I would like to delivered my sPeech from the effectiveness of Sekolah Menengah kejuruan on creating qualified worker.
SMK took an unique education sistem that they do acceleration on how student after graduation from school can directly get a job and qualified. If you see that SMA, they need 4 years more to get a job after the graduation. It means that Sekolah Menengah kejuruan get effective way on create new qualified worker than SMA.
2nd Speaker Of Negative team:
Rebuttle: I dn’t agree with the material on delivering of 2nd speker of affirmative tem. He doesn’t know how big freshmen from Sekolah Menengah kejuruan who failed on applying a job. Sekolah Menengan Atas also can directly get a job after they graduate from high school. It means the effectiveness of your delivery still non sense.
But seeing on my point of view, the Sekolah Menengan Atas is a doubled degree of graduation.
You can easily continue to the university level easier than Sekolah Menengah kejuruan and you can get a job as you want. It means, if you failed from the examination of application on university and you need a money. You can make a money to apply in the company.
So many company accepted from freshmen of SMA. So this proves to us that Sekolah Menengan Atas is better than SMK.
3rd Speaker of Affirmative team:
Rebuttles:All the materials that negative team talking about is silly and can not be taken as fact. Thay don’t see why the goverment make the 60:60 SMK:SMA in the future by 2008. It just because the Sekolah Menengah kejuruan is the new hopes to Indonesia and applicable on education to create a new freshmen and worker on company without taking first college level degree.
So by seeing my team who delivered to you before adjudicator, we are take a red line on how good Sekolah Menengah kejuruan to get more easier job than Sekolah Menengan Atas with their major they have. And my second speaker said that the effetiveness of Sekolah Menengah kejuruan student to be qualified worker. Let’s us imagine that Student of Sekolah Menengah kejuruan from automotive engineering can work as mechanic. But the student from Sekolah Menengan Atas cannot work as mechanic even just apply to the company by its requirement. It means it is so effective.
3rd Speaker Of Negative team:
Rebuttle: If yes the Sekolah Menengah kejuruan is better, why the image of good quality is taking by Sekolah Menengan Atas level. Does it proven you? So all the rebuttle of 3rd speaker is still can not prove their team.
The higher level is the higher qualified. So when Sekolah Menengan Atas student took higher level on college degree. They would have good qualified on working. So that is why the student from Sekolah Menengah kejuruan if work in the company just can be a low level position like mechanic, shop keeper,etc. But ehen student of Sekolah Menengan Atas graduate from University they applied to company they work as manager of workshop (Leader of mechanic), and Manager of Shop (leader of shop keeper). So this proves that Sekolah Menengan Atas better than SMK.
Reply Speker of Negative team:
By seeing my team’s point of view. We straightly go to the red line on how effective of Sekolah Menengan Atas levels on creating better freshmen. So for the adjudicator time is yours.
Reply Speaker of Affirmative team:
We still absolutely believe that Sekolah Menengah kejuruan is better than Sekolah Menengan Atas because of its sistem, how effective to create qualified worker after graduation. So please win for us the adjudicator.
This House believes that National Examination should be abolished
1st Speaker Government/ Affirmative
Good morning ladies and gentlemen. Thank you for the opportunity.
Next, I would like to give our motion today. Our motion today is “This House Believe That National Examination Should be Abolished” . The definition of Motion is:
- Natinal examination: a standard evaluation system of primary and secondary education in a country.
- Abolished: to get away, to erase element/particle from system.
- This whole definition is : We on affirmatife team, strongly support that the national examination to get away or to be erased from education system in indonesia for goodness all elements.
From the motions, we will give our theme line: That we as the affirmative team absolutely agree that the national examination should be or be erased from education system.
Then our parameter today is that we just talk about the national examination is my country, Indonesia.
Well continue to our team split: I’m RODIMAN as the first speaker I will deliver my argument from impacts for students/students parent perspektive. And HARMONI as a second speaker, who will deliver arguments from negative impacts for schools and education levels perspective. And last SITI TOHAROTUN as a third speaker who will deliver more proof and brief summary of our arguments.
Next ladies and gentelmen, I would like to give my argument from individual perspective,
we have 2 points:
First point is National Examination give negative impacts for student heathly, because national examination be a standard graduation from the schools, students beharder to study before ready to face UN. So far, national examination becomes a dilemma for student who will past a exam. On one hard, it can make studentstudy hard before they are face to face with the exam, but on the distrub then healtly many student had sick befor they are face to exam.
Monday, 16 April 2012, Hendry Kusria a student in Sekolah Menengah kejuruan BNKP Sirambu Nias. Dead while be was doing the national examination. Secretariats of minister of education in north Sumatera provincesay that he was dead because have a complication discasise are brochitis, lier and impertence forfrom before national examinationbeheld. He was supported from his parents to do the national examination.
From the evidence it clearly that national examination they think they can pass or not and whethe national examinations report release and they are not able to pass, they will get stress and do many was, wrong or right way. For example, myfriends she got stress before she face the national examination, and distreub her memorize because she forget she got wont to havebreakfast in the morning because she too much think about preparation of national examination.
We can see, national examination give negative impacts in individual perspective to students healty, psycology and their parents, too so national examination should be abolished we his to propose.
Thank you ladies and gentelmen, that enough for my arguments. It will be continued by the second speaker later.
1stSpeaker Opposition/Negative
Okay, ladies and gantleman. We are from the the opposition team, that against this motion. We are strongly disagree that UN should be abolished. Before we deliver our points of arguments I want to introduce our teamline and teamsplit.
Our team line is we just strongly oppose that UN should be abolished in my country Indonesia.
And our team split I’m IRWAN ROSIDI the 1st speakers that and refuse the affirmative side. And deliver argument in individual puspective and HALLANI as second speaker who will repuse the points affirmative and deliver argument from economic, social, and education respective and last HURNIATA as the third speaker that rebuttals the all points of affirmative side and brief summary our argument reply speech by me.
Next ladies and gantleman first, I will refuse the affirmative side and then RODIMAN will give our points. We wiil show the good split, because we are the best soulmate?
1. The first points was health. They said that UN give negative impacts for students healthy. Because UN be a standart graduation from the school we halce to responses, it clearly that is not on by UN be standart graduation from the school. But from 2010 in Indonesia. The minister of education firm up the roles that graduation will determine from60% result of UN 40% result of UAS. And if we UN think that UN is only one to deternine the graduation, we sure feel stress but factually is not true. UN is not only one to determine graduation UAS be an important scone too.
2. Their second point was psychology they said that national examination can disturb the students psychology. We have to responses, first 1 the porpose of an exam in school, UAS or UN is to practice our mental to pace the vations exam this is very usefull to continue higher education abd get work doatest. Basically, UN and us are same, its differences are UN make from capital by kemendigbud and UAS from school. Government try to show the fairmuse for all students in Indonesia so they firm up UN disturb students psychology ? it’s just parlittle part of all students in Indonesia it connot be areason to abolish UN. UN can give positive impact for all elemen for the affirmative argument let’s us see best argument of student, teacher, parents and government
Thank you Rodiman
Thank you Rodiman
Nexy ladies and gentelmen i will deliver our points in individual i perspective. We have there points.
On the first point, UN can be score competition among the students. The score competition whice pust the students to do their but, with the time, ways absolutely, study harder and take a courses before fact the national examination and having a study guidance t the school diligently.
For example in SMAN 1 Simpang Empat from november all students have a study guedenc at the school, to prepare to fact UN 6 subjects UN are math, indonesia, englis, biology, physic, and chemistry that they pust prepare they do many various qustion with their teacher trough vaious metode. We can see, it clearly that UN can when their ability, intellegency, and competence trough a score competition of UN with high motivation and strong beliefe so, it can fix the character of students especially in study harder to reach their dreams. UN also helps in delceiping one’s own personally and convidence. On the second point, UN to knowing the student’s competence, if we know our abillity and competence we will to continue hig her education or get a work easity (university) and the third point, UN helps to get sholat ship which will bring to have a good job i’iy senior in ingusan hing school, M. Aditya Rulianyah get a sholar ship to continue senior hing school in Bandung because has got the best score UN in SMP. And now he is in turlay to continue higher education that in univesity because he get hest score in UN for senior its again from evidence.
See advantages UN for students are very WOW and they can be a motivation for me and for you as a student, without exams student would be more and more stupid, lazier and less motivated to learn. okey ladies and gentelmen, I’ll keep my stance and back to propose.
ThankYou
2ndSpeaker Affirmative
Ladies and gentlemen. I’m as the second speaker affirmative. At the first i want to refuse/rebuttle the opposition side I have 3 points.
First you said that UN can be a score competition of UN he have responses. Do you think a score competition of UN is good ?
No, a score competition is not good especially for our country Indonesia in fact, you know and you can see that many student make cheats and buy the answer key before they face the national exams they do that because they want to get best score of a score completion UN like you have said.
Like you have said
Second you said that it can fix the character personality and convidence students. We have to response it really wrong. Basically UAN is a test thyat multiple choice but the roles of UN are very make difficualt for students and it can their convidence be down and their spirit be down too best they very fraid, nevous make cheats and buy the answer keys, they are not good habit but dangerous habit, it is a simply pactise of dishone. It is absulutley can andemine and decreases the moral students as the ypung generation.
Third, you said that UN can be used to knowing the students coupetence. We are to responses chargingstudents with UN as graduation stipulation is not a best wary to improve studen’ts competance. UN I have 6 subjects how the studens does not have potenly between 6 subject? It is not fair for some students that have potaniy in other subject. Such as history, Islamic and other ladies.
I have refused the opp side and then i will deliver aguments in economic, social, education, perspeetive. I have 3 poins on the first point. In economic perspective. From the first implementation of un until last year, UN make big expediture for studens parents school and goverment especially goverment to face UN and get best score students need many things and they absolutly need a lot of money such as take a courses, buy tools, buy some books and even the key answe too. They are not cheap especlally key answe, certain people sell the answer kets before or while face the UN with expensive cost , that is about millior, we know that many student’s pareats in indonesia have diffecully of condition of economy.
On the second point, in social perpective. Preparry UN need many time to study, practise and prepare i they can make the student’s can not play they will always in house because they are very fraide if they can pass UN or not it can make the students does not sleep and having breap fast lunch and dinner regulary and if they have got bad result it will affect their feturu from the fist implementation of UN until last year, we haven’t seen the result UN used require the experrsive cost buy the result is only doubt and uncertainty as ne can see, last year the education and caltuns minister, say government. Spent expensive cost that is about billion ruplans and factually the billion rupians yield many cause of iligal way that be done by sone school. In 2008 while the second day of UN there is a practise of dishonest from 16 teachers SMAN Lubuk Pakam 2
From evidence it clearly that expensis cost that was spent by goverment doesnt have the positive result for students beg to propose so i’m strongly agree with this motion beg to perpose. J
2ndSpeaker Opposition
Hello ladies and gentleman. I’m the 2 nd speaker opposstion will oppose the affirmative side.
National examinations have positive impacts for all elements. so, moreover many country in a world use national examination a standart graduation in their education development. So, why national examination should be abolished? Is there better way if without national examination? I belive there is no, until a better form of demonstrating know legde comes along , UN must be still best pleace at the first , I want to refuse the AFF side, you said that UN
Make big expenditure for students parents like take a courses , buy books and key answer we have to responses.that is not true . first students should not to take a courses because school always help the study guidare after in every years.second, students is not advisable to by book, ducation minister time give many helping for all schools in Indonesia, especially books . so, students enough study ang borrow some books from library in their school.and key answere . It is not necessary because it is a farlt in process of national examination, it needs an extra socialitation so, students but it is not reason to abolish UN from curriculum of education an Indonesia because there is still many students ta=hat do a true way to prepare the national examination
On the second point , you said that UN doesn’t have positive result as a burgeon country , Indonesia still need time to adapt with national examination until Indonesia can make the best method of help of national examination
With the result, kemendigbud can map the education levels and knoeing condition of education development
Okay, I have refusedthe AFF side, now I will deliver my argument education development in Indonesia . national examination as a form that is used by government to slow a fairness to all student in Indonesia
National examination made by professional person in kemendigbud far before the national examination be help, kemendigbud give some lattice of national examination
10 Sekolah Menengan Atas tahat get the highest scores in indonesia , according the evidence, government can helping and make the comparison of education development in Indonesia
Secondly, must national examination government van devide education budget for every school in Indonesia fairly we can see, last year SMAN that get the highest scores get many advantages 8 of to 10 from government . Thank you
3rd Speaker Affirmative
Hello ladies and gentlemen
I’m Siti Toharoh as the third speaker affirmative.
I have 7 points that I’ve found to rebut the opposition team.
– First, you said that national examination can be a score competititon among the students.
Do you think it’s good ? No for the students in Indonesia because it’s just a little part of million of students in Indonesia use the honest manner to pass the exams.
– Second, you said that national examination to knowing the student’s competence. Many ways and procedure to knowing the student’s competence such as practice , debate, discuss and many other.a potential of student not only determine trough the multiple choice test like national examination. But in education, we need to know the process, procedure and their practical in day life. National examination just give the doubt result so how can I know our potential with the doubt result ?
– Third, you said that trough national examination government can knowing the education development in Indonesia.
I have explained that an education need a process, just not a result .it is just make government easily. But many elements that disagree with the result’s of national examination because the know the real condition of national examination’s held.
– Forth, you said that national examination is an effective system for education in Indonesia. Moreover many other countries that use the national examination as the graduation standard.
In basically, the national examination is good for education in their country. But it’s not an effective for education system in Indonesia. Before use the national examination, The government shoul fix the educational units’ quality in Indonesia such as the teacher quality, Kemendigbud’s work and the other education’s system.
– And fifth, you said that if a person pass the national examinations and get a good scores, he/ she will get the scholarship. It is not fair for the other clever students that have good potential too. It do not shows they that have got the good result use the honest manner. As we know, facts in ndonesia shows many dishonest practices that for the national examination’s held such as make cheats, use the electronic tool or use the key answer. Moreover, many teachers do the dishonest practice too, to help their students while national examination comes along. And more, how the students that have got the bad result ? it will cause the problem m in their future. Moreover, if they didn’t pass the exam, it candisturb theirpyschology.
60% : 40% it don’t helps because 60% is more that 40%.
– Sixth, you said that trough National examination, government can shows the fairness for all students In Indonesia. That is not fairness. Let’s we compare the education in border and underprivileged areas with big cities in Indonesia.in border and underprivileged areas, the education facilities and learning resources are limited while the big cities have very complete education faicilities and broad success to get the good learning.
– And last, you said that without exams students would be more and more stupid, lazier and less motivated to learn. It’s really and really wrong because national examination that cause the students would be more and more stupid, more and more lazy, more and more dishonest and absolutely decrease the student’s quality in Indonesia. To know the student’s ability, government should measure the process, just not a result.
In fact, what did we expect from national examination yield ?
National examination is compatible for the other country, but it is not compatible for education’s system in Indonesia. We can graduate from school or not just by passingan exam, which is held in 3-6days and with standard scores from education ministry.
How about learning process for 3 years that have ben done by students ? does it mean nothing ? and do you agree wth that ? No , absolutely No because because national examination will broke the process which during this followed bystudents. A absolutely decrease the student’s character.
National examination makes the negative impacts are more thin Indonesia.an the positive impacts for all elements and also for education’s development in Indonesia.
So, we are the affirmative team strongly agree with this motion that National Examination should be abolished.
Thank you
3rdSpeaker Opposition
I’m as the third speaker opposition
Hello ladies and gentlemen
Now I’m acting as the third speaker will summarize our best argument for our disagreeing to the motion.
At the firs, I will refuse the opposition side. I have some points.
On the first point, give the negative impacts for student’s health? it’s wrong. It is the little part from all facts. There is still many students that feel advantages of national examination.
On the second point, they said that national examination can disturb the student’s psychology. But you don’t see some students that have the true way to face the national examination. It’s not a reason to abolish National Examination. Basically, national examination is same with the other exams? the other exam that in form essay but national examination no! it is made in form multiple choice. Or do you have the other method if without national examination?
Then I will mention some advantages of national examination for all elements according arguments that have been delivered by the 1stOpp and 2ndOpp.
First, For students :
1. knowing their ability and performance
2. national examination may encourage people to work and learn
3. create the competition score which push the students to their best
4. helps in developing one’s own personality and convidence
5. if a person pass the exam and got the good result, it helps to get scholarship which will bring to have a good job.
Second, for schools :
1. Trough national examination the teachers can get the feedback of the student.
2. School can decide the best students untuil stupid students easily
3. If the schools have the best students they will get the appreciation from government or usually we call Kemendigbud
Third, For Government :
1. Mapping the quality of programme and or educational units
2. The basic of selection in to the next educational level
3. Give the appreciation for best shool and best students easily
So, should we abolish the national examnation ?
No , absolutely no. because without exams student would be more and more stupid, lazier and less motivated to learn. With that argument that has delivered, we are from opposition team strongly disagreeing with that motion. National examination should never be abolished.
Thank you
Reply speech Opposition
Thanks you ladies and gentleman
Now I want to deliver our reply speech. Once again I say that, we are strongly disagree with the motion that the UN should be abolished at the first, I want to deliver a summary of our point of view.
1.UN give many advantages for all elements, students, school and government too.
2.UN is an effective system that compatible for condition of education in Indonesia
3. UN is a fairness that government has been showed for students
And just I will explain why the national exam should not be abolished
1. UN will increase student’s human resourcesquality
2.UN can be an indicator of students
3. and with UN the gon, in this case ministry of education and culture will be able to know what aspect of study materials that need to be improved
4. as the burgeon country, indonesiaa, UN is compatible for education system in Indonesia
According our point of view. We still strongly disagree if the UN should be abolished. There is not other best solution for increase the aducation’s quality
Thanks you
Reply Speech Affirmative
Reply speech Affirmative
Hello Ladies and Gentelment
Now I would like deliver our reply speech’s affirmative,.
Before I deliver it, I will to convince you that UN is not an effective way for education’s development in Indonesia.
1. For students, UN not give the positive impacts fairly.
2. You said that UN is an effective system, but in fact, UN is not an effective
system for education in Indonesia.
3. You also said that UN can increase the students human resources quality, but with a doubt result, UN can decrease the students human resources quality, because trough UN many students do the dishonest pradises such as buy the key answer.
So, what did we exped from national examination yield ? doubt result ? Decreasing the students character ?
No, absolutely no.
Before use the UN as a graduation standard national examination test to assess students learning in primary high school until high school level, kemendigbud and ministry of edv. And culture will search the best systems to fix the educational units in Indonesia.
One more we are from the aff team absolutlely agree with this motion that UN should be abolished Thank you ladies and gentlemen.
Cara Cerdas Menangkan Debat
Cara Cerdas Menangkan Debat mungkin sangat dibutuhkan oleh orang yang akan berkompertisi debat. Dalam Menjalani kompetisi debat harus banyak seni administrasi yang dipersiapkan supaya menang dalam debat.
Oleh lantaran itu saya yang juga pemula dalam dunia ini mau mengembangkan sedikit perihal cara cerdas memenangkan Debat .Sebenarnya pada dasarnya hanya satu jangan terbawa emosi dan lakukan sesuai rencana.
Oleh lantaran itu saya yang juga pemula dalam dunia ini mau mengembangkan sedikit perihal cara cerdas memenangkan Debat .Sebenarnya pada dasarnya hanya satu jangan terbawa emosi dan lakukan sesuai rencana.
1. Siapkan Materi Selengkap Mungkin
Debat itu mirip kau sedang berperang. Ya berperang argumentasi itulah yang terjadi.Untuk memenangkan sebuah perang dibutuhkan persiapan yang matang.Kalau perang bahwasanya disiapkan prajurit tank dll.Kalau ingin berdebat juga harus disiapkan materi-materi yang baik yang bisa membuat musuh kau nanti bertekuk lutut. Carilah di internet dan lihat dari banyak sekali sisi mirip sisi kesehatan,pendidikan dll
2. Jangan Grogi
Hal ini sangat penting, mengingat ketika anda mulai gugup maka sesungguhnya secara tidak sadar, anda telah membuat lawan anda menjadi di atas angin dan posisi anda menjadi tertekan.Hal ini berlaku sebaliknya juga, ketika anda terlihat sangat rileks, maka anda telah menaruh tekanan pada lawan anda. Hal ini berlaku untuk sebelum maupun pada ketika debat berlangsung. Apalagi pada ketika berdebat, ketika dalam posisi yang terdesak sekalipun, tetap pasang tampang PD dan yakin. Sehingga walaupun argumen kita masih kurang baik dibandingkan lawan, namun kita masih sanggup mempengaruhi juri untuk mempercayai argumen kita. Grogi sanggup menghancurkan semua planning anda dengan sekejap. Grogi juga memperlihatkan kalau anda tidak yakin dengan ateri yang anda bawa . Kalau anda tidak yakin pada diri sendiri bagaimana bisa anda meyakinkan banyak orang dan memenangkan debat. Latian yang banyak sanggup mengurangi grogi. Jam terbang yang tinggi dalam kompetisi selain menghilangkan grogi membangun mental juara.
3. Tetap Sopan
Memang mirip yang saya katakan kalau ini ialah perang tapi tetap ada aturannya.Jangan memakai kata-kata kotor lantaran itu sangat tidak santun. Tujuan dari debat ialah selain membandingkan argumen juga membandingkan kemampuan berbicara. Kemampuan berbicara yang sopan akan lebih dihargai
4. Tenang Dan Fokus
Ini akan membantu anda menjalankan semua planning anda. Atur cara atau urutan bicara dalam tim(jika lombanya beregu). Jika anda sedang tidak fokus maka akan sangat gampang kehilangan kendali dalam perbincangan argumen . Oleh lantaran itu tetap fokus . Kalau anda tetap fokus bukan mustahil anda akan menemukan titik lemah argumen lawan.
5. Posisikan Lawan Anda di Posisi Anda
Ini ialah cara yang membuat lawan terganggu dengan argumennya. Buat lawan anda sepaham perihal sesuatu yang umum mirip "kita semua tahu kalau membunuh ialah dosa".Setelah membuat pernyataan itu buatlah argumen yang bekerjasama dengan pernyataan umum tersebut.Sekarang anda mempunyai perhiasan dasar argumen yaitu pernyataan yang telah disetujui anda dan lawan anda.
6. Jangan "Menyerang" Secara Personal
Bukan cara yang baik apabila Anda dengan ribut menyampaikan kepada lawan bahwa ia salah – sebagai gantinya anda harus memperlihatkan bahwa beliau salah dengan memakai sanggahan-sanggahan yang baik. Menyebut bahwa lawan Anda salah hanya membuat lawan tertekan sehingga semakin menolak argumen kita. Itu merupakan sebuah komentar yang subjektif. Sederhanalah dalam berdebat dan tunjukan cita-cita baik Anda. Sikap itu tidak hanya akan membuat Anda kelihatan baik kalau anda menang, tapi akan memperlihatkan bahwa Anda yakni lawan yang pantas sekali pun Anda kalah. Menyerang yang saya maksud ialah membandingkan lawa anda dengan apa yang anda perdebatkan. Ini sangatlah tidak adil lantaran si lawan anda sendiri dalam dirinya belum tentu pro atau kontra dengan tema yang dibuat. Contoh : Tema Pacaran di Sekolah Argumen anda(pro)"saya tahu bahwa juga sudah berpacaran dan anda melaksanakan hal itu disekolah"
7. Pergunakan Waktu Sebaik Mungkin
Waktu yang dipakai dalam berdebat mungkin tidak cukup untuk menuangkan semua argumen dan aliran anda.Oleh lantaran itu tiap ada kesempatan keluarkan argumen anda hingga waktu hendak habis. Ini akan memperlihatkan kalau bahwasanya anda punya banyak fakta dan argumen dan membuat anda terlihat sangat menguasai bahan
8. Gunakan Argumen atau Contoh yang Tepat dan Logis
Gunakan argumen yang gampang dicerna oleh lawan maupun penilai.Jangan gunakan nalar atau pola pikir yang rumit.Karena bisa saja yang terjadi ialah anda malah dikira tidak menguasai materi dan dasar nalar atau fakta anda hanya dibuat-buat.
9. Ajukan Pertanyaan
Mengajukan pertanyaan sangat baik untuk menjatuhkan lawan.Selain itu anda juga bisa mengetahui seberapa dalam pengetahuan lawan anda perihal materi itu sendiri. Anda juga bisa menilai apakah jawabannya masuk budi atau tidak .Anda juga bisa memperhatikan apakah jawabnnya sesuai dengan fakta.
Ini disebut “metoda sokratik”. Ketika lawan mengemukakan sebuah “fakta”– periksa lebih dalam fakta tersebut dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dirancang untuk mengungkapkan kekurangan-kekurangannya. Biasanya dipakai pertanyaan-pertanyaan seperti: “Dapatkah Anda memberi saya satu contoh?”, “Cara lain untuk melihat hal itu yakni …,apakah cara ini masuk budi berdasarkan Anda?”. Pertanyaan-pertanyaan ini akan semakin menuntun lawan Anda kepada kebenarannya – dan kalau mereka jujur, mereka akan menyetujuinya. Sayangnya dalam banyak debat yang sering terjadi yakni respon kemarahan lantaran lawan Anda menganggap Anda sedang “berusaha bermuslihat” kepadanya. Tapi jangan khawatir lantaran hal itu mengambarkan kemenangan Anda sudah dekat
10. Membaca Situasi
Ini yakni kemampuan seseorang yang pandai berdebat. Orang yang pintar berdeat harus tahu kapan ia akan meneruskan suatu argumen dan kapan ia harus mengalihkannya. Kemampuan membaca situasi juga berperan penting untuk melihat kelemahan lawan
11. Menatap ke juri, bukan ke lawan
Hal ini sangat penting, lantaran kebanyakan debater selalu memandang ke lawan. Padahal lawan anda tidak sanggup membuat anda menang, mereka justru akan mengalahkan anda. Pandanglah ke juri, mereka yang memberi evaluasi untuk anda.Persuasikan argumen anda untuk juri dan bukan untuk lawan anda.
12. Penentuan posisi tim
Dalam asian parlimentery dipakai 3 orang pembicara (1st, 2nd, 3rd), dimana ketiganya mempunyai kiprah yang vital namun berbeda satu dengan yang lainnya. Saran saya berdasarkan pengalaman, orang yang paling berpengalaman (paling hebat) di dalam tim, lebih baik ditaruh di 2nd speaker. Karena dalam posisi ini, seorang debater sanggup melaksanakan argumen gres sekaligus mematahkan argumen lawan/rebattle (hal ini khususnya untuk tim pro). Kemudian anggota yang terlemah biasanya akan ditaruh di 3rd speaker, lantaran 3rd speaker hanya bertugas untuk merebattle atau mematahkan statement lawan saja dan ia tidak sanggup dijadikan reply speech. Untuk mengetahui siapa yang hebat atau kurang, hanya bisa diketahui ketika kita berlatih.Biasanya yang lebih garang sanggup dijadikan 1st atau 2nd speaker.
13. Jangan emosi
Penting sekali! Debat bukanlah tubruk otot leher. Tidak perlu hingga berlebihan dalam memperlihatkan statement.Justru ketika kita emosi, disitulah letak titik kelemahan kita. Kita tahu sendirikan, kalau orang emosi biasanya sudah tidak dpat dikontrol akan apa yang ingin disampaikan. Inlah terget empuk saya sebenarnya, lantaran niscaya ketika kita menghadapi orang yang emosi, maka akan banyak keslahan yang akan dibuatnya. So stay cool.... Pernah liat Obama dan Mc Cain berdebat?? Keren banget, tanpa emosi yang berlebihan sedikitpun
14. Kembali ke Pokok Materi
Ketika lawan Anda mulai kehabisan argumen, beliau akan berusaha beralih ke topik yang lain – dengan demikian beliau berharap Anda terpancing untuk lari dari topik sebelumnya dan membahas hal gres yang mungkin akan mengacaukan Anda. Ketika ini terjadi, jangan teperdaya, segera kembali ke topik yang orisinil dengan segera. Jangan memberi kesempatan kepada lawan Anda untuk lari ke topik-topik yang lain (tak peduli bagaimana pun usahanya untuk mencoba) hingga Anda memenangkan topik itu.
15. Kenalilah fakta-fakta yang Anda ajukan
Jangan menyampaikan bahwa sesuatu itu “benar” kecuali kalau Anda benar-benar mengetahuinya –itu disiapkan untuk membuktikannya kalau perlu. Anda akan gampang diserang kalau argumentasi Anda mengambang. Anda tidak usah berdebat kalau Anda tidak bisa mengajukan fakta-fakta dan menguasai keseluruhan informasinya. Apabila lawan Anda ternyata lebih mengetahui kebenarannya, Anda akan “dibantainya”
Guide For Chair And The Timer Keeper
Ladies And Gentlemen
Welcome To Debate Contest
First, let me introduce the debaters.
On my right is group........................as the affirmative team, acting as the first speaker is.....................;acting as the second speaker is.....................;acting as the third speaker is.....................;and the reply speaker will be given by..............................
On my left is group........................as the negative team, acting as the first speaker is.....................; acting as the second speaker is.......................................;acting as the third speaker is.....................;and the reply speaker will be given by..............................;
Ladies And Gentlemen
Now, I’d like to introduce the adjudicators, the first adjudicator is..................................; the second adjudicator is...................................; etc
The time Keeper Is.....................;And I Am...............Acting As The Chair Person
Ladies And Gentlemen
Before we begin. Let me announce the rules and regulation of this contest. Each substantive speech taken five minutes; after three minutes the time keeper will knock once; after five minutes the time keeper will knock twice; and after five minutes twenty second the time keeper will knock continuously to show that the time is over.
For reply speech the maximum time is three minutes. After two minutes the time keeper will knock once; after three minutes the time keeper will knock twice; and after three minutes twenty second the timer keeper will knock continuously
Ladies And Gentlemen
THE MOTION TODAY IS.............................................
Well ladies and gentlemen, I would like to invite the first speaker from the affirmative team. Ladies and gentlemen , please welcome Mr/Mrs.............................
Now, I would like to invite invite the first speaker from the affirmative team. Ladies and gentlemen , please welcome Mr/Mrs.............................etc.
REFERENCES
- Muhammad In’am F Noer, English Debate Training, Spirit, Yogyakarta, Speaking Skill Edition,2016
- Azar B.S. Fundamental of english grammar. New Jersey : Tina B. Carver. Second ediotion. Regent hall, 1941
- Arun.Dewi. 1000 Percakapan Bahasa Inggris Sehari Hari.Surabaya.2013
- Abdulmasrur. English Grammar System 24 Jam. Bandung.first edition.2006
- Mas’ud F. Essential of English Grammar. Yogyakarta : Second Edition.pabelan, 1996
- Echol, Jhon & M.Shadily, An English-Indonesia Dictionary, Coenell University press, New York, 1975, PT, Gramedia Jakarta, 1994.
- Melani, Dra., Tuning In The USA, Gramedia, Jakarta, 2008
- Hadikusumo, B.U, Usefull Vocabs, Kanisius, Yogyakarta, 1983
- Mulyono.Agus. Simple Vocabulary. Pare-kediri. Second edition.2011
- Dr.Mugni.Harmoni. Dkk. Easy Speaking For Cendekia’s Students.Aikmel,2015
DOWNLOAD FILE WORD NYA DISINI
Silahkan Tonton Youtube Kami Juga Tentang Tips dan Trik Lomba Debat bahasa Inggris Mulai dari Pembicara 1,2,3 dan Reply Speaker CHANNEL YT EDUKASI
Silahkan Tonton Youtube Kami Juga Tentang Tips dan Trik Lomba Debat bahasa Inggris Mulai dari Pembicara 1,2,3 dan Reply Speaker CHANNEL YT EDUKASI
Belum ada Komentar untuk "✔ Buku Panduan Debat Bahasa Inggris Cendekia"
Posting Komentar